Dark/Light Mode

Cuma Menguat Tipis, Rupiah Ngarep Pasokan Vitamin

Kamis, 2 Juli 2020 09:43 WIB
Cuma Menguat Tipis, Rupiah Ngarep Pasokan Vitamin

RM.id  Rakyat Merdeka - Nilai tukar rupiah pagi ini menguat 0,05 persen atau berada di level Rp 14.275 per dolar AS, dibanding sesi penutupan kemarin yang bertengger di level Rp 14.283 per dolar AS.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, rupiah memiliki kesempatan untuk kembali ke zona hijau dalam perdagangan kali ini, setelah bertahan di zona merah dengan kurun waktu cukup lama.

"Rupiah kemungkinan akan menguat terbatas di level Rp 14.250-14.300 per dolar AS sepanjang hari ini," jelas Ibrahim dalam risetnya, Kamis (2/7).

Baca juga : Pagi Ini Rupiah Menguat Tipis, Mudah-mudahan Kuat Seharian

Ibrahim menilai, pernyataan Ketua The Fed Jerome Powell dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin yang berkomitmen memproteksi pelemahan ekonomi AS akibat pandemi Covid-19, dapat memberikan sentimen positif bagi penguatan nilai rupiah.

"Pasar berharap, akan ada banyak stimulus ke depan. Termasuk, penurunan suku bunga acuan AS," sebutnya.

Selain itu, Ibrahim juga menyinggung IHS Markit yang melaporkan indeks PMI Manufaktur China periode Juni 2020. Indeks tersebut masih berada di jalur kenaikan. Beranjak ke posisi 50,9 dari posisi bulan lalu 50,6.

Baca juga : Pembangunan Desa Harus Berdasarkan Kebutuhan

"Ini menjadi sinyal bahwa perekonomian China yang merupakan salah satu negara terbesar, tetap tumbuh di tengah pandemi Covid-19," papar Ibrahim.

Menurutnya, potensi penguatan rupiah juga dapat berasal dari proyeksi aliran dana asing, yang akan segera masuk pasca penandatanganan Undang-undang Keamanan Nasional Hong Kong oleh Presiden China Xi Jinping.

“Ini akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pasar dalam negeri, karena kemungkinan aliran modal asing yang terparkir di Hong Kong, akan kembali mengalir ke pasar di Indonesia,” tuturnya.

Baca juga : Juara Liga Inggris, Klopp Ogah Lepas Pemain

Kemarin, nilai tukar rupiah dibanderol Rp 14.190 per dolar AS di pasar spot. Melemah 0,07 persen dibanding penutupan perdagangan sebelumnya, yang mentok di angka Rp 14.170 per dolar AS.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah berada di level Rp 14.341 per dolar AS.  Melemah 39 poin atau 0,27 persen dari posisi Rp14.302 pada Selasa (30/6). [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.