Dark/Light Mode

Capai 419.292 Orang

Jumlah Penumpang KRL Pecahkan Rekor Baru Kemarin

Selasa, 7 Juli 2020 14:39 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya saat meninjau antrean penumpang KRL di Stasiun Bogor, Senin (6/7). (Foto: Instagram)
Wali Kota Bogor Bima Arya saat meninjau antrean penumpang KRL di Stasiun Bogor, Senin (6/7). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mencatat jumlah penumpang KRL pada Senin (6/7) mencatat rekor baru selama masa pandemi Covid-19. 

Total penumpangnya mencapai 419.292 orang. Jumlah tersebut melewati rekor sebelumnya yaitu 393.498 pengguna pada 29 Juni 2020.

VP Corporate Communication PT KCI Anne Purba mengatakan, jika dibandingkan Senin minggu lalu terjadi peningkatan penumpang sebesar 6 persen. Anne menilai, terus meningkatnya jumlah penumpang berdampak pada antrean yang panjang pada Senin kemarin di sejumlah stasiun. Salah satunya Stasiun Bogor. 

Baca juga : Antrean Dua Jam, Penumpang KRL Berdoa Tak Kena Corona

"Volume pengguna KRL kemarin di Stasiun Bogor tercatat 19.452 orang, atau tumbuh 9 persen dibanding Senin pekan lalu," ujarnya dalam keterangan resminya, Selasa (7/7).

Dengan adanya tren kenaikan jumlah penumpang itu, Anne mengingatkan masyarakat agar menghindari bepergian pada jam sibuk. Jika harus bekerja agar semua pihak mengikuti pembagian jam kerja secara bertahap sesuai anjuran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. 

"Dengan menghindari bepergian di jam-jam sibuk, para pengguna dapat terhindar dari antrean dan kepadatan yang ada,” katanya.

Baca juga : Sosialisasi 4 Pilar MPR di Kalangan Pemulung, Bamsoet Bagikan Sembako dan Sepeda

Anne menjelaskan, PT KCI telah mengupayakan kelancaran antrean dengan mengatur jaga jarak secara ketat antar penumpang. KCI juga menginformasikan kondisi antrean di sejumlah stasiun melalui aplikasi KRL Access dan akun Twitter @commuterline sejak 29 Juni lalu. Saat ini, informasi antrean itu telah menjangkau Stasiun Cilebut sampai Depok sehingga penumpang bisa menyesuaikan waktu keberangkatannya.

PT KCI juga menambah frekuensi perjalanan KRL pada lintasan dengan kapasitas infrastruktur perkeretaapian yang memungkinkan. Misalnya, kata Anne, pada lintasan Tangerang-Duri PP yang sejak kemarin ada penambahan 10 perjalanan kereta. Namun ia mengatakan pada sebagian besar lintasan lainnya, frekuensi perjalanan KRL telah sesuai dengan kapasitas infrastruktur yang tersedia.

“Dengan penambahan mulai kemarin, total perjalanan KRL mencapai 947 perjalanan per hari atau 95,5 persen dari perjalanan KRL di waktu normal sebelum pandemi Covid-19,” jelasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.