Dark/Light Mode

Penumpang KRL Membludak, KCI Siapkan Loket Portable

Senin, 22 Juni 2020 19:18 WIB
Penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line berdesakan di Stasiun Bogor, Jawa Barat beberapa hari lalu. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line berdesakan di Stasiun Bogor, Jawa Barat beberapa hari lalu. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Membludaknya penumpang kereta di pagi hari selama masa PSBB Transisi menjadi perhatian publik.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) berencana mengoperasikan tiga loket portabel yang diletakkan di area parkir stasiun untuk melayani antrean transaksi penumpang yang menggunakan Tiket Harian Berjaminan (THB) di Stasiun Bogor.

Baca juga : Kemenag Keluarkan Protokol Kesehatan Untuk Pesantren

VP Corporate Communication KCI Anne Purba mengatakan, pada Senin (22/6) hingga pukul 11.00 WIB tercatat pengguna yang melakukan tap in di gate masuk seluruh stasiun KRL mencapai sekitar 165.000 pengguna atau naik 8 persen dibandingkan dengan pada Senin (15/6) lalu.

Di Stasiun Bogor misalnya, hingga pukul 11.00 tercatat yang masuk stasiun untuk menggunakan KRL sejumlah 12.896 pengguna atau bertambah 9 persen dibandingkan dengan pada Senin lalu.

Baca juga : Ekspansi ke Medan, Cordela Inn Millenium Tawarkan Smart Hotel

"Pengguna mengantre hingga selasar dari area parkir stasiun. Untuk melayani antrean transaksi yang menggunakan THB di Stasiun Bogor, petugas mengoperasikan tiga loket portabel yang diletakkan di area parkir stasiun," katanya, Senin (22/6).

Anne memprediksi peningkatan pengguna KRL ini karena sudah mulai beraktivitasnya kembali sejumlah kegiatan, baik perkantoran maupun perniagaan seperti toko, mall, dan tempat pariwisata serta hiburan. Untuk itu, ia juga mengharapkan kerja sama dari pengguna untuk dapat merencanakan waktu perjalanannya.

Baca juga : PSBB Transisi Penumpang KRL Membludak Hingga 14%

Anne menuturkan pada penerapan PSBB Transisi minggu ketiga, situasi di sejumlah stasiun pada Senin (22/6) pagi ini kembali terlihat antrean pengguna tetapi masih dapat mengalir dan terlayani untuk bergerak ke peron dan kereta.

Para pengguna jasa juga dengan tertib mengikuti arahan petugas untuk jaga jarak dan berdiri sesuai marka. Seperti halnya di Stasiun Bogor, antrean pengguna KRL sudah tampak sejak pukul 05.00 hingga pukul 07.30 WIB. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.