Dark/Light Mode

Pengusaha Sambut Baik Perjanjian IK-CEPA Dengan Korsel

Rabu, 20 Februari 2019 22:31 WIB
Menteri Perdagangan Indonesia Enggartiasto Lukita dan Menteri Perdagangan Korea Kim Hyun Chong
Menteri Perdagangan Indonesia Enggartiasto Lukita dan Menteri Perdagangan Korea Kim Hyun Chong

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengusaha menilai kerja sama ekonomi komprehensif antara Indonesia dengan Korea Selatan atau Indonesia-Korsel Comprehensive Economy Partnership Agreement (IK-CEPA) bakal berdampak positif bagi Indonesia.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) optimistis perjanjian kerja sama dengan Korea Selatan (Korsel) tersebut akan memberi keuntungan bagi iklim bisnis di tanah air.

“Tentu kami yakin pasti IK-CEPA akan menguntungkan Indonesia,” ujar Wakil Ketua Apindo Shinta Widjaja Kamdani, di Jakarta, Rabu (22/02/2019).

Baca juga : Pemilu Bisa Dongkrak Konsumsi Masyarakat

Shinta mengatakan, sejumlah sektor unggulan akan menerima manfaat dari perjanjian tersebut. Antara lain, adalah sektor investasi di bidang energi, industri padat karya, ekonomi kreatif, dan perikanan.

“Pengembangan teknologi juga akan menjadi bahasan bagi kedua negara,” katanya.

Menurut Shinta, fokus tersebut bagi penerapan teknologi tingkat tinggi dalam bentuk kemitraan dan kerja sama. Namun perlu diketahui bahwa kerjasama antar kedua negara dalam hal teknologi pada akhir tahun lalu pernah dibahas. Apindo telah melakukan pertemuan bisnis dengan pengusaha Korea Selatan dan China jelang akhir tahun lalu.

Baca juga : Capres Harus Prioritaskan Energi Terbarukan

Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani mengatakan, di bidang teknologi, terutama teknologi digital, Indonesia membutuhkan investor khususnya dari Korea Selatan.

Dalam pertemuan itu, dia berharap agar startup dalam negeri bisa mendapatkan dukungan dari sisi teknologi maupun pe´┐żmasarannya.

“Pertemuan untuk melakukan bisnis matching antara perusahaan-perusahaan startup mereka dengan perusahaan startup di Indonesia,” ujarnya.

Baca juga : Menko Darmin: Jangan Main-main Dengan Telur

Pertumbuhan startup di Korea Selatan tak lepas dari kontribusi dari sisi regulasi maupun investornya yang sudah siap. Begitu juga startup di China terus bertambah dan berkembang sehingga mampu besar, seperti e-commerce Alibaba.

“Mudah-mudahan pertemuan ini akan membawa perkembangan baru dari bisnis startup di Indonesia,” kata dia.

Dia menegaskan, tidak hanya startup, Apindo juga berupaya mendorong semua sektor seperti sektor energi hingga pangan. (JAR)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.