Dark/Light Mode

Indef: Doni P Joewono Bisa Bawa Angin Segar Di Tubuh BI

Senin, 13 Juli 2020 18:54 WIB
Doni Primanto Juwono, Deputi Gubernur Bank Indonesia yang baru terpilih (Foto: Ist)
Doni Primanto Juwono, Deputi Gubernur Bank Indonesia yang baru terpilih (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Terpilihnya Doni Primanto Joewono sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2020-2025 bisa membawa angin segar dan kembali memuluskan program bank sentral.

Ekonom Indef, Bhima Yudhistira mengatakan, kehadiran Doni diharap bisa beberapa langkah BI di antaranya terkait inflasi dengan memperkuat peran Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dalam pengendalian inflasi, Khususnya komunikasi dengan pemerintah daerah, dan lembaga lainnya. 

Baca juga : Sah, Doni Primanto Juwono Jadi Deputi Gubernur BI

"Saat pandemi saat ini, muncul kekhawatiran terjadi krisis pangan karena terganggunya gangguan rantai pasok sehingga mendorong angka inflasi terutama di daerah," imbuhnya.

Bukan cuma itu, Doni dinilai mampu menjadi tim kuat Gubernur BI Perry Warjiyo dalam menangangi terpuruknya ekonomi. "Terutama skema burden sharing dengan Kemenkeu. Langkah quantitative easing (QE) penyediaan likuiditas oleh BI ke perbankan jangan sampai jadi tidak efektif," tuturnya.

Baca juga : Gara-gara Corona, Adegan Seks Di Film Hollywood Bisa Tinggal Sejarah

Hal penting lainnya, terkait pengendalian stabilitas nilai tukar rupiah agar perlu dilakukan dengan lebih serius. Caranya dengan mendorong faktor-faktor fundamental seperti kinerja ekspor, current account deficit (CAD) dan debt to service ratio.

"BI harus optimalkan kerja sama dengan pemangku kepentingan lain agar rupiah bisa stabil di tengah krisis," pintanya.

Baca juga : Kementan Dorong Percepatan Tanam Bawang Merah

Doni dipilih secara aklamasi, musyarwarah dan mufajat di Komisi XI DPR. Penetapan Doni ini diputuskan setelah DPR melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap dua calon lainnya yaitu Juda Agung dan Aida S Budiman. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.