Dark/Light Mode

Sah, Doni Primanto Juwono Jadi Deputi Gubernur BI

Senin, 13 Juli 2020 16:56 WIB
Doni Primanto Juwono, Deputi Gubernur Bank Indonesia yang baru terpilih (Foto: Istimewa)
Doni Primanto Juwono, Deputi Gubernur Bank Indonesia yang baru terpilih (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - DPR akhirnya resmi menetapkan Doni Primanto Joewono sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2020 - 2025. Menggantikan Deputi Gubernur BI Erwin Rijanto, yang telah berakhir masa jabatannya pada 17 Juni 2020.

"Doni P. Joewono telah terpilih secara aklamasi, musyawarah, dan mufakat," kata Anggota Komisi XI DPR Hendrawan Supratikno, Senin (13/7). 

Baca juga : Wamendes Dorong Pantai Bahagia Muara Gembong Jadi Desa Wisata Bahari

Penetapan Doni sebagai Deputi Gubernur BI, diputuskan setelah DPR melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap dua calon Deputi Gubernur BI lainnya: Juda Agung dan Aida S. Budiman. 

Doni yang sebelumnya tercatat sebagai Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Sumber Daya Manusia BI pernah mengenyam pendidikan di UNS dan UI.

Baca juga : Prabowo Diminta Jadi Ketum Lagi, Regenerasi Gerindra Mampet

Doni yang memulai kariernya di BI pada tahun 1988, pernah menjadi Peneliti Ekonomi Senior di Kantor Perwakilan BI London. Dari sana, dia kembali ke Tanah Air dan ditempatkan di Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter.

Doni juga pernah dipercaya untuk memimpin Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Solo, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Baca juga : Waspadai Penurunan Ekonomi di Kuartal II

Saat berada di lingkungan bank sentral, Doni banyak terlibat dalam membangun sistem pengelolaan moneter, seperti mempersiapkan terbitnya obligasi Pemerintah, membangun sistem lalu lintas devisa (LLD), dan mengkoordinasikan penyelenggaraan Rakornas Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.