Dark/Light Mode

Banjir Landa Masamba, Pertamina Peduli Salurkan Bantuan Bagi Warga

Sabtu, 18 Juli 2020 10:38 WIB
Banjir Landa Masamba, Pertamina Peduli Salurkan Bantuan Bagi Warga

RM.id  Rakyat Merdeka - Banjir bandang melanda Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Senin (13/7). Banjir yang disebabkan curah hujan tinggi ini, membuat Sungai Masamba meluap.

Akibat kejadian tersebut, sebanyak 19 orang dilaporkan meninggal dunia, 23 hilang, dan lebih dari 15.000 orang terpaksa mengungsi.

Bergerak cepat, tim Pertamina Peduli dari Marketing Operation Region (MOR) VII segera berangkat menuju lokasi bencana dengan membawa sejumlah bantuan.

Baca juga : PLN Gerak Cepat Pulihkan Kelistrikan Luwu Utara

Bantuan yang dibawa berupa 1 ton beras, 50 dus mie instan, sarden, telur, minyak sayur, sejumlah bumbu masak dan selimut.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Fuel Terminal (FT) Palopo, Bushro Sihabuddin Busthomy kepada Iptu Budi Amin di Posko Polsek Masamba, Rabu (15/7).

Di tempat terpisah, Unit Manager Communication & CSR MOR VII PT Pertamina (Persero) Hatim Ilwan mengungkapkan, bantuan tersebut diserahkan kepada Posko Polsek Masamba, untuk kemudian disalurkan kepada warga yang menjadi korban banjir bandang.

Baca juga : Lima Bulan Nganggur, Serena Bakal Ayun Raket Lagi Pada Agustus

"Semoga, bantuan tersebut sedikit banyak bisa meringankan beban warga yang harus kehilangan rumah dan sumber penghasilan akibat banjir bandang tersebut," ungkapnya.

Pertamina juga merespon cepat aspirasi masyarakat di pengungsian, yang saat itu sangat membutuhkan air bersih untuk minum.

Keesokan harinya, tepatnya pada Kamis (16/7), tim Pertamina Peduli menyerahkan bantuan berupa 100 dus air mineral, kepada Posko Induk Penanganan Banjir Bandang Luwu Utara, yang diterima langsung oleh Kabid Pencegahan dan Kesiagaan BPBD Luwu Utara, Irwan.

Baca juga : Resmi Beroperasi, Pertamina Luncurkan Pertashop Pertama di Pulau Sulawesi

Pertamina juga menyertakan bantuan 20 tabung Bright Gas ukuran 5,5 kg yang diperuntukkan bagi dapur umum di sana. Hatim juga menyampaikan apresiasinya kepada berbagai pihak, yang telah bekerja ekstra keras dan cepat dalam penanggulangan banjir bandang ini.

"Semua pihak harus saling bahu-membahu, sesuai porsi dan kapasitasnya masing-masing. Agar bencana ini bisa segera tertanggulangi, dan masyarakat bisa terbantu," pungkasnya.

Beberapa waktu lalu, Pertamina menyerahkan bantuan bagi warga yang terkena bencana longsor di Jalan Poros Toraja Palopo. Awal Juli, Pertamina juga menyerahkan bantuan bagi warga korban banjir di Gorontalo. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.