Dark/Light Mode

Permintaan Jagung Meningkat

Pengusaha Minta Pemerintah Antisipasi

Jumat, 22 Februari 2019 10:28 WIB
Ladang Jagung. (Foto: Ist)
Ladang Jagung. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Lebih jauh dikatakan, soal harga, Kementerian Pertanian menyebutkan harga jagung sudah jauh turun. Namun, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun-tahun sebelumnya, harga jagung masih terbilang tinggi di angka Rp 4.800-an per kilogram.

“Kalau di Jawa Timur, masih sekitar Rp4.800. Belum sampai kata Pak Amran itu Rp3 ribuan, belum adalah,” kata Sudirman.

Baca juga : KPK: Kami Percaya Polri

Ia menjelaskan, harga kisaran jagung pakan Rp 4.800 per kilogram masih termasuk tinggi. Pasalnya, dalam kondisi normal ketika mulai panen saat ini, harga jagung yang sampai ke tingkat pabrik pakan bisa Rp 3.500 per kilogram.

“Kalaupun di tingkat petani, acuannya Rp 3.150 per kilogram. Normal tinggilah. Itu kan harganya sudah mempertimbangkan keuntungan petani dan kewajaran penerimaan pabrik pakan,” tukasnya.

Baca juga : Lewat MLA, Menkumham Pertajam Upaya Pemberantasan Korupsi

Di tempat terpisah, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyampaikan, masa panen raya jagung akan tiba di kisaran bulan Maret dan April. Saat ini pun, panen-panen kecil mulai terlihat sehingga menyebabkan harga jagung pakan kian terjangkau. Ia mengklaim, harga jagung sudah menyentuh angka Rp3.300— 3.400 di lapangan.

“Ini kita harus antisipasi jangan sampai anjlok sehingga petani merugi. Kita inginkan petani tetap untung, peternak mendapat harga pakan baik, pengusahanya juga untung,” tuturnya kepada wartawan di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (20/2).

Baca juga : Saham Garuda Kena Getahnya

Panen cukup besar khususnya didapati di kisa￾ran Jawa Timur. Dengan ketersediaan ini, Amran kembali menyatakan, penurunan harga jagung pakan telah mencapai lebih dari Rp1.000 tiap kilogramnya.

“Dulu Rp 4.000—4.500 rupiah di lapangan. Sekarang sudah turun Rp1.000. Ini harus diantisipasi penurunannya jangan sampai tambah tajam,” tegasnya lagi. (JAR)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :