Dark/Light Mode

Hore..Bandara Soetta Rame Lagi

Rabu, 22 Juli 2020 14:15 WIB
Ilustrasi- Pesawat Garuda Indonesia berada di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (Foto : Istimewa)
Ilustrasi- Pesawat Garuda Indonesia berada di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kehidupan di bandara kembali menggeliat. PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat rata-rata jumlah penerbangan di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) berkisar 400-430 penerbangan per hari.

Hal ini meningkat signifikan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya yang hanya mencatat sekitar 200 penerbangan per hari.

Director of Operation & Service PT Angkasa Pura II (Persero) Muhamad Wasid mengakui jumlah traffic ini masih jauh dari angka di periode normal sebelum pandemi covid-19. Namun, dalam beberapa waktu terakhir tren lalu lintas penerbangan semakin meningkat.

Baca juga : Terbang Dari Soetta dan Halim Nggak Perlu Ribet Ngurus SIKM Lagi

Apalagi utilisasi slot time  juga semakin meningkat, di mana pada 1-20 Juli 2020 sudah mencapai sekitar 34 persen dari sebelumnya hanya sekitar 10 persen. Menurutnya, meningkatnya lalu lintas penerbangan dan utilisasi slot time juga bakal diikuti peningkatan utilisasi kapasitas penumpang di Terminal 2 Soekarno Hatta.

"Pada bulan ini, lalu lintas penerbangan mulai berangsur pulih dan Terminal 2 melayani hingga 70 persen total penumpang di Soetta, sementara 30 persen dilayani melalui Terminal 3," ujarnya di Jakarta, Rabu (22/7).

Dengan begitu, Angkasa Pura ll, berencana mengoptimalkan kapasitas Terminal 2 dan 3 di Bandara Soetta agar bisa melayani 50 persen dari total penumpang.

Baca juga : Sidak Bandara Soetta, BKS Cek Protokol Kesehatan

Wasid menilai, penyeimbangan utilisasi kapasitas terminal itu dilakukan dengan memindahkan penerbangan Citilink dari Terminal 2D ke Terminal 3, dan sebagian penerbangan di Terminal 2E ke 2D mulai 23 Juli 2020.

Selain itu juga dalam rangka memperketat protokol kesehatan dan kebersihan untuk menciptakan bandara yang aman (safe airport), bandara yang sehat (healthy airport) dan bandara yang higienis (hygiene airport).

Executive General Manager Bandara Soetta Agus Haryadi mengatakan, mulai 23 Juli 2020 seluruh penumpang Citilink akan memproses keberangkatan dan ketibaan di Terminal 3 Soetta.

Baca juga : Gabriela Stoeva, Pamer Bikini Biru

"Koordinasi dan persiapan telah dilakukan oleh PT Angkasa Pura II dan Citilink agar perpindahan operasional ke Terminal 3 mulai 23 Juli 2020 berjalan lancar. Melalui kebijakan ini maka Soekarno-Hatta dapat beroperasi lebih baik dalam melayani penumpang pesawat," ujarnya.

Nantinya kata Agus, di Terminal 3 akan dilayani penerbangan rute domestik dari Garuda Indonesia dan Citilink. Di Terminal 3 saat ini juga dilayani penerbangan rute internasional yang dioperasikan oleh maskapai nasional dan maskapai asing. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.