Dark/Light Mode

Virus Corona Ngamuk Lagi

Sabtu, 11 Juli 2020 06:12 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Serangan virus Corona yang sempat menurun akhir Mei dan awal Juni 2020 lalu, kini melonjak lagi. Bahkan, sejak awal pekan ini, jumlah orang terkonfirmasi positif Covid-19, naik drastis. Kalau dirata-rata angkanya mencapai 1.500 orang per hari.

Untuk itu, mereka yang berada di zona merah mesti super waspada. Kalau tidak ada keperluan mendesak, tak usah keluar rumah.

Baca juga : Resesi Sudah Di Depan Mata

Sekali lagi, jangan pernah menganggap enteng Covid-19. Jangan beri peluang Corona ngamuk lagi. Sebelum vaksinnya ditemukan, kita harus ekstra hati-hati. Orang-orang yang berkegiatan di luar rumah wajib mematuhi semua protokol kesehatan. Yaitu, jaga jarak, pakai masker dan sering cuci tangan pakai sabun.

Saat ini yang mesti jadi fokus perhatian dalam pencegahan penyebaran Covid-19 adalah pasar-pasar tradisional. Petugas Satpol PP dibantu aparat kepolisian dan TNI harus mengawasi ketat pasar-pasar yang ada di kota-kota besar. Terutama di Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang dan Surabaya.

Baca juga : Orang Miskin Makin Miskin

Kita berharap para pengunjung pasar terus diingatkan soal bahaya serangan virus Corona. Mesti ada petugas yang keliling pasar dengan membawa toa atau pengeras suara. Harus ada yang teriak-teriak mengingatkan supaya orang-orang yang masuk ke pasar, selalu pakai masker dan jaga jarak.

Kalau para pedagang dan pengunjung pasar tak mematuhi protokol ke sehatan, dikhawatirkan pasar-pasar itu akan menjadi kluster baru penularan virus Corona.

Baca juga : Jangan Anggap Enteng Corona

Hal lainnya yang juga mesti dapat perhatian khusus adalah, mobilitas orang yang mulai meningkat lagi pasca pelonggaran PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa. Jalur padat ini berpotensi jadi sumber penularan baru Covid-19. Khususnya, dari Jawa Timur ke Jakarta atau sebaliknya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.