Dark/Light Mode

Pandemi Jadi Tantangan Para CEO Buat Lewati Fase Terburuk

Jumat, 24 Juli 2020 07:14 WIB
Founder & CEO Iconomics Bram S Putro
Founder & CEO Iconomics Bram S Putro

RM.id  Rakyat Merdeka - Situasi corona (Covid-19) menjadi tantangan yang berat untuk dihadapi oleh banyak perusahaan. The Iconomics dalam risetnya menemukan banyak pemimpin dari perusahaan atau Chief Executive Officer (CEO) yang mampu menjaga perusahaan untuk tetap lancar menjalankan bisnis meski diterpa pandemi.

Founder & CEO Iconomics Bram S Putro mengatakan, pada kondisi ini CEO akan diuji kemampuan sebagai sosok pemimpin yang mampu membawa perusahaan lolos melewati ujian tersebut dengan selamat.

“Disrupsi kali ini melengkapi ujian disrupsi-disrupsi yang sebelumnya sudah melanda, seperti disrupsi digital, politik dan lainnya. Kali ini pula CEO seperti menghadapi ujian kelulusan. Kemampuan para CEO ditantang dalam menghadapi dan melewati fase-fase buruk ini,” kata Bram dalam acara Best CEO- Employees’ Choice Award 2020, yang digelar secara online.

Lebih jauh dia menjelaskan, Iconomics telah melakukan studi yang memberikan apresiasi terhadap upaya yang pimpinan lakukan dalam situasi yang umum, maupun dalam situasi yang khusus.

Baca juga : Di Tengah Pandemi, China Luncurkan Pesawat Tak Berawak Ke Mars

Bentuk popularitas dan dukungan staf terhadap kepemimpinan tersebutlah yang tercermin dalam penilaian dan penghargaan BEST CEO – Employees’ Choice Awards 2020.

Penilaian dilakukan dengan melakukan survei kepada ribuan staf/karyawan berbagai industri dan kategori, dengan total responden mendekati 10.000 (kumulatif) pada awal Juni 2020.

"Penilaian dilakukan melalui kusioner online dan tanpa melakukan kuota geografis maupun jenjang jabatan," terangnya.

Responden diminta melakukan penilaian terhadap CEO institusinya dan diperkenankan melakukan penilaian terhadap CEO institusi lain dalam kategori industri/kegiatan yang sejenis.

Baca juga : Aktif Di Masa Pandemi, Mensos Jadi Salah Satu Menteri Dengan Kinerja Terbaik

Dengan mempertimbangkan efisiensi eksekusi, maka hanya 200an CEO/institusi diikutsertakan ke dalam survei. Pemilihan kandidat subyek riset (CEO dan institusinya) adalah berdasarkan pilihan redaksi Iconomics.

Iconomics sebelumnya telah melakukan korespondensi dengan lebih dari 500 institusi untuk keikutsertaan dalam survei tersebut. Skor akhir didapatkan dari nilai gabungan 4 parameter yakni Popularity, Personality, Competency, dan Crisis Leadership.

Penganugerahan BEST CEO – Employees Choice Award 2020 hanya diberikan kepada CEO/Direktur Utama/President Director yang memenuhi skor penilaian di kategori sub-industrinya.

Mendapatkan skor rata-rata 4.0 atau lebih (baik dalam skala Liket 1-5) dari 4 parameter tersebut, mendapatkan skor minimum 3.0 pada salah satu dari 4 parameter tersebut dan Mendapatkan penilaian dari minimum 300 responden dalam industri yang sama.

Baca juga : Partai Gelora Gelar Rakernas Dan Buka Rekruitment Lewat Teknologi

Ada 55 perusahaan yang para pemimpinnya menerima penghargaan. Di dalamnya ada perusahaan BUMN dan swasta. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.