Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng Tableau, Bank Mandiri Perkuat Data Perbankan

Senin, 29 Juni 2020 11:28 WIB
Gedung Bank Mandiri. (Foto: ist)
Gedung Bank Mandiri. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Mandiri menggandeng platform analitik Tableau Software mempercepat pengambilan keputusan berbasis data dan kemampuan analitik. 

Saat ini fungsi bisnis utama seperti pencairan dan pembaruan kredit, serta profil dan keterlibatan nasabah telah memiliki akses ke Tableau untuk memandu pengambilan keputusan. Lebih dari 600 dashboard telah dibuat di banyak divisi dalam perusahaan. 

Wakil Presiden Senior Group Enterprise Data Management (EDM) Bank Mandiri, Billie Setiawan menjelaskan, dashboard Mandiri Tableau mempermudah proses bisnis secara signifikan dan meningkatkan kecepatan pengiriman informasi dalam bank. 

Baca juga : Itikad Baik Pendiri Jadi Solusi Penuntasan Persoalan Indosurya

"Pembuatan laporan business intelligence yang sebelumnya memerlukan waktu dua minggu, sekarang bisa diselesaikan hanya dalam waktu dua hari," ujarnya.

Menurut dia, kecepatan mengakses pemahaman data terhadap visualisasi meningkat tajam sehingga Dewan Manajemen dan pemangku kepentingan lain dapat menerima informasi tepat waktu yang membantu mereka melakukan pekerjaan dengan lebih baik. 

"Kami juga dapat menyasar nasabah lebih baik lagi melalui penawaran produk dan program yang sesuai serta meningkatkan keterlibatan nasabah,” terangnya.

Baca juga : Gandeng IPB, Mandiri Kembangkan Ekonomi Syariah

Ia mengatakan, kemitraan dengan Tableau memperkuat misi perusahaan yang berfokus pada nasabah, dan membawa lebih dekat dalam meraih tujuan menjadi bank digital terkemuka di Indonesia.

Sebagai bagian dari visi bank untuk membangun budaya data, Bank Mandiri meningkatkan literasi data dalam organisasi. Dipimpin oleh pelatih data dari divisi EDM, sebuah divisi khusus yang dibentuk oleh bank untuk memberikan saran penggunaan analitik data, sesi bulanan ini membantu pengguna baru Tableau dengan berbagi praktik terbaik dan menjawab pertanyaan terkait data. 

Sesi tersebut menciptakan komunitas pembelajaran dan mempromosikan budaya data di bank. Bank Mandiri juga menawarkan kursus analitik data untuk para karyawan. Melalui kemitraan dengan Tableau, lanjut Setiawan, ia berharap dapat mengaktifkan analitik Mandiri dan memberdayakan karyawannya dengan memberikan akses ke pemahaman data yang mereka butuhkan untuk meraih sukses.

Baca juga : Gandeng Wiraland, BNI Syariah Ajak Nasabahnya Investasi Properti

Lembaga keuangan saat ini harus memanfaatkan analitik data untuk mentransformasi bisnis mereka dan menjadi yang terdepan. "Kami sangat senang dapat bermitra dengan perusahaan yang berpikiran maju seperti Bank Mandiri, yang berada di garis depan transformasi bisnis dengan menumbuhkan budaya data di seluruh perusahaan,” kata Country Manager Asia Tenggara Tableau Leslie Ong. 

"Kami berharap dapat bekerja sama dan mendukung Bank Mandiri dalam mencapai tujuan bisnis dan visinya melalui solusi analitik modern," tambahnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.