Dark/Light Mode

Pandemi, Waktu Yang Tepat Buat Investasi Properti

Sabtu, 4 Juli 2020 13:16 WIB
General Manager Bintaro Jaya High Rise Arum Prasasti (kiri atas) bersama Ayudia Bing Slamet dan Ditto (tengah) serta Financial Planner Prita Ghozie (bawah) saat diskusi webinar yang digagas Bintaro Jaya High Rise, Jumat (3/7)/ Foto: Merry Apriyani
General Manager Bintaro Jaya High Rise Arum Prasasti (kiri atas) bersama Ayudia Bing Slamet dan Ditto (tengah) serta Financial Planner Prita Ghozie (bawah) saat diskusi webinar yang digagas Bintaro Jaya High Rise, Jumat (3/7)/ Foto: Merry Apriyani

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah ketidakpastian kesehatan dan ekonomi saat pandemi, banyak pihak yang memutuskan untuk memperhatikan finansialnya demi menghemat pengeluaran.

General Manager Bintaro Jaya High Rise (BJHR) Arum Prasasti mengatakan, ternyata masa pandemi ini justru menjadi momen emas untuk berinvestasi dengan membeli properti, karena harganya yang cenderung stagnan akibat perlambatan pertumbuhan ekonomi.

“Karena masa perlambatan pertumbuhan ekonomi ini tidak akan lama, pasti properti akan bangkit lagi, apalagi kita bisa hidup bersama dengan Covid-19 pasti akan growth lagi. Biasanya, memasuki semester 2, harga properti sudah melonjak jauh, tapi karena pandemi harga cenderung stabil. Selain itu, banyak promosi yang diberikan oleh developer dan juga bank,” beber Arum dalam diskusi webinar yang diselenggarakan BJHR, Jumat (3/7).

Baca juga : Pandemi, Masa Seleksi Menteri

Menurut dia, apalagi sifat harga properti yang makin lama semakin naik. Bahkan diprediksi akan melonjak di 2021. “Karena tren dari tahun ke tahun, memang selalu naik kan,” jelasnya lagi.

Juga melihat saat ini tidak ada urgensi untuk melakukan pemborosan dan pelaksanaan acara massal akibat Covid-19. Misalnya, alokasi dana pesta pernikahan, bagi kaum milenial yang tertarik membeli properti, bisa digunakan untuk membeli hunian.

Katakanlah dana pernikahan yang tadinya untuk pesta, sebesar Rp 500 juta atau Rp 2 miliar bisa dialihkan untuk membeli properti. “Pesta kumpul-kumpul nggak bisa, ini bisa jadi investasi. Begitu menikah punya tempat tinggal, investasi untuk masa depan,” jelasnya.

Baca juga : Pemkot Bandung Dapat Bantuan APD Dari Filantra

Namun, lanjut Arum, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli properti yakni lokasi, fasilitas yang dibutuhkan, lingkungan sosial yang sesuai dengan gaya hidup hingga memperhatikan siapa pengembangnya.

Financial Planner sekaligus CEO & Principal Consultant @zapfinance Prita Ghozie mengatakan, masa pandemi ini menjadi pengingat bagi masyarakat bahwa sangat diperlukan adanya sikap kritis dan bijaksana dalam perencanaan pembiayaan.

“Karena akan ada tragedi yang berdampak pada perekonomian yang tidak diduga, sehingga kita harus selalu siap secara finansial,” tegasnya.

Baca juga : Gandeng Tableau, Bank Mandiri Perkuat Data Perbankan

Bincang virtual ini juga menghadirkan pasangan selebriti Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion, keluarga muda yang memilih menghemat pengeluaran di pandemi dan beralih berinvestasi di properti, seperti yang sudah dijelaskan dalam tayangan YouTube mereka.

“Kita ada penyesalan kenapa nggak dari dulu langsung beli properti, tapi malah fokus di spending lain,” beber Ayudia, sambil melirik sang suami yang duduk di sebelahnya.

“Iya, penting banget mikirin pengeluaran dan memiliki perencanaan keuangan yang strategis di masa ini, sebagai keluarga muda kita harus mulai bisa mengesampingkan pengeluaran yang tidak primer,” tambah Ditto. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.