Dark/Light Mode

Asyik, Pekerja Gaji Di Bawah Rp 5 Juta Dapat Bantuan

Kamis, 6 Agustus 2020 00:22 WIB
Menkeu, Sri Mulyani Indrawati
Menkeu, Sri Mulyani Indrawati

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 31 triliun untuk memberikan bantuan kepada pekerja yang gajinya di bawah Rp 5 juta. 

“Pemerintah akan memberikan bantuan sosial  untuk mereka yang gajinya di bawah Rp 5 juta,” kata Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers terkait KSSK di Jakarta, Rabu (5/08).

Menkeu mencatat, penerima bansos ada 13 juta pekerja dengan anggaran yang disiapkan mencapai Rp 31 triliun “Targetnya diperkirakan bisa mencapai 13 juta. Nanti anggarannya kira-kira sekitar Rp 31 triliun,” ujarnya.

Baca juga : Inggris Nantikan Kerja Sama Riset Seputar Pariwisata

Tak hanya itu, ia menyatakan peningkatan belanja pemerintah juga akan dilakukan untuk melindungi masyarakat, seperti melalui bantuan sosial produktif hingga Rp 30 triliun bagi 12 juta UMKM.

Kemudian, pemerintah turut menambah bansos untuk pemberian beras kepada 10 juta penerima dengan anggaran Rp 4,6 triliun. “Pemerintah juga akan menambah bansos tunai sebesar Rp 500.000 per penerima kartu sembako,” ujarnya.

Ia mengatakan, langkah tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membantu memulihkan daya beli masyarakat sehingga pemulihan ekonomi nasional dapat dipercepat.

Baca juga : Direksi Prakerja Digaji 77 Juta, Yang Gak Kerja Ada 7 Juta

“Total anggaran bansos sebesar Rp 203,9 triliun tahun ini. Anggaran tersebut, digunakan untuk menghadapi Covid-19 dan kenaikan belanja bansos hingga semester I sudah mencapai 59,9 persen,” katanya.

Sri Mulyani menjelaskan, stimulus untuk perlindungan sosial yang memiliki anggaran sebesar Rp 203,9 triliun hingga kini telah terealisasi Rp 85,3 triliun.

“Presiden telah melakukan langkah-langkah bagi seluruh kementerian untuk mengakselerasi penggunaan anggaran yang sudah ditetapkan dalam Perpres 72/2020,”pungkasnya. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.