Dark/Light Mode

BNI Bangun Ekosistem Digital Nelayan di Pulau Laut, Kalimantan Selatan

Jumat, 7 Agustus 2020 20:27 WIB
Pgs Head of Region BNI Wilayah Banjarmasin Untung Rahmat Basuki (kiri) dan perwakilan salah satu mitra startup saat menandatangani perjanjian kerjasama, di Kotabaru, Pulau Laut, Kalimantan Selatan, Jumat (7/8). (Foto: Dok. BNI)
Pgs Head of Region BNI Wilayah Banjarmasin Untung Rahmat Basuki (kiri) dan perwakilan salah satu mitra startup saat menandatangani perjanjian kerjasama, di Kotabaru, Pulau Laut, Kalimantan Selatan, Jumat (7/8). (Foto: Dok. BNI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) semakin giat membantu para pengusaha mikro kecil dan menengah untuk segera bangkit, sebagai bentuk upaya pemulihan ekonomi nasional. Kali ini, BNI mewujudkannya dengan membangun ekosistem digital bagi nelayan tangkap di Kotabaru, Pulau Laut, Kalimantan Selatan.

Dalam pelaksanaannya, BNI menggandeng mitra startup yang bergerak di bidang perikanan. Kerjasama BNI dengan mitra startup yang bergerak di bidang perikanan ini berfokus kepada pengembangan UMKM di sektor perikanan menggunakan ekosistem digital.

Baca juga : Tiga Hari Terdampar di Pulau Tak Bertuan, 3 Pria Selamat

Ekosistem yang terbentuk dapat melayani seluruh kebutuhan Nelayan atau Petambak mulai dari kebutuhan melaut, menjamin penyerapan hasil tangkapan nelayan, hingga menghubungkan produk-produk hasil laut ke pasar ekspor.

Dengan sinergi ini, semangat memajukan UMKM di Sektor Kelautan dan Perikanan yang tidak hanya terbatas pada akses modal melalui pinjaman kredit usaha rakyat (KUR), namun juga memberikan akses layanan perbankan lain dan juga pendampingan melalui Program Kemitraan. Selain itu nelayan dapat mengakses pembiayaan dengan mudah dan murah, disertai pendampingan yang akan diberikan untuk meningkatkan produktivitas nelayan.

Baca juga : KM Bahari Indonesia Terbakar di Laut Jawa, Alhamdulilah ABK Selamat Semua

BNI juga memberikan tambahan pelatihan keterampilan bagi Ibu-Ibu Nelayan dalam mengolah hasil laut, pelatihan pemasaran dan packaging, literasi keuangan, serta penjualan hasil tangkapan nelayan pasar ekspor melalui jaringan pasar mitra BNI. Pembangunan ekosistem di Kotabaru, Pulau Laut ini disertai penyaluran kredit kepada nelayan binaan.

Pgs Head of Region BNI Wilayah Banjarmasin Untung Rahmat Basuki menyampaikan peran BNI pada gerakan ini untuk memastikan agar para nelayan mendapatkan akses pembiayaan yang murah dan mudah, serta dengan menghadirkan pembinaan.

Baca juga : Bamsoet: Pemulihan Ekonomi Sulit Dimulai Jika Pulau Jawa Gagal Kendalikan Covid-19

"Dengan demikian nelayan didorong makin fokus meningkatkan hasil tangkapannya karena hasil tangkapan sudah pasti mendapatkan pembeli," ungkap Untung, Jumat (7/8).

"Fungsi pendampingan kepada nelayan juga akan dilakukan dengan melibatkan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten setempat," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.