Dark/Light Mode

KM Bahari Indonesia Terbakar di Laut Jawa, Alhamdulilah ABK Selamat Semua

Rabu, 22 Juli 2020 12:04 WIB
KM Bahari Indonesia Terbakar di Laut Jawa, Alhamdulilah ABK Selamat Semua

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapal Motor (KM) Bahari Indonesia rute pelayaran Jakarta-Pontianak terbakar di perairan Laut Jawa, Selasa (21/7) malam.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Ahmad mengungkap, kapal yang membawa 26 orang Anak Buah Kapal (ABK) -  termasuk nakhoda - dan tanpa penumpang sudah dievakuasi tim SAR terpadu.

"Kapal tersebut tidak mengangkut penumpang. Ada 26 orang ABK. Semuanya selamat, sudah dievakuasi dengan kapal Samudra Jaya Abadi. Saat ini,26 orang ABK tersebut dibawa ke Pelabuhan Ketapang," kata Ahmad dalam keterangannya, Rabu (22/7).

Baca juga : Iwan Fals Ikut Reunian Di Charity Games

Kapal KM Bahari Indonesia milik PT. Fajar Bahari Nusantara itu  terbakar di Koordinat 4°10 ‘ 30.17” S   107°09’46.79” E di Laut Jawa.

Saat ini Tim SAR gabungan, Kemenhub, melalui Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tanjung Priok telah mengerahkan 1 unit Kapal Patroli KN. Alugara untuk mencari keberadaan bangkai kapal KM. Bahari Indonesia tersebut.

Kapal diduga hanyut ke arah barat, searah angin dan arus laut.

Baca juga : Hasto: PDIP Anti Komunisme dan Sekularisme

"Kami juga telah mengirimkan pesan radio melalui Vessel Traffic Service (VTS) dan Stasiun Radio Pantai (SROP) di sekitar lokasi. Kapal yang melintas di sekitar lokasi kejadian, agar berhati-hati. Mohon infokan kepada kami, jika menemukan keberadaan bangkai kapal tersebut," ujarnya.

Mengenai penyebab terbakarnya kapal KM Bahari Indonesia, Ahmad mengaku masih menunggu hasil penyelidikan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

KM Bahari Indonesia berwarna biru lambung dan putih deck atas, dinakhodai Khafid. Kapal berukuran 69,8 x 16 meter ini dimiliki PT Fajar Bahari Nusantara. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.