Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kenalkan Aplikasi Selly, Gojek Bantu UMKM Go Digital

Rabu, 12 Agustus 2020 20:10 WIB
Ilustrasi Gojek. (Foto: ist)
Ilustrasi Gojek. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gojek kembali menunjukkan komitmennya membantu pertumbuhan UMKM yang terdampak pandemi dengan meluncurkan situs www.melajubersamagojek.com dan mengenalkan aplikasi selly. Dua solusi tersebut diyakini tidak hanya mampu membantu UMKM bertahan di saat pandemi, tapi terus memajukan bisnisnya.

VP of Merchant Marketing Gojek, Diera Yosefina Hartono menjelaskan, aplikasi Selly merupakan salah satu solusi yang ditawarkan Gojek untuk memfasilitasi pengusaha UMKM memproses suatu pesanan. Informasi mengenai solusi lengkap Selly ini, kata dia, dapat diperoleh melalui situs, www.melajubersamagojek.com.

Selly adalah aplikasi keyboard dan dashboard terlengkap yang dapat menjadi andalan para mitra UMKM untuk melayani pelanggan dan mengelola bisnisnya secara online dan moderen. Solusi keyboard Selly terdiri dari fitur Autotext untuk membuat template seusai kebutuhan, fitur untuk mengecek ongkos kirim secara real time dari berbagai ekspedisi, fitur pengiriman invoice untuk membuat tagihan secara otomatis dengan berbagai pilihan format order, dan fitur pengingat pelanggan.

Baca juga : Kemenkeu Ajak UMKM Gabung Ekosistem Digital Gojek

Sementara itu, solusi dashboard Selly dilengkapi dengan fitur statistik toko yang membantu pengelolaan toko dan pelaporan penjualan dalam satu klik dan fitur asisten penjualan yang membantu mengecek data pelanggan, multi admin, pencetak label pengiriman, pengingat harian hingga pemesanan logistik yang sangat praktis dan mudah. 

“Solusi yang ditawarkan Gojek ini akan membantu UMKM untuk Go Digital. Di Selly, semua kebutuhan pengusaha yang menjual produknya online sudah diakomodasi, yaitu dengan adanya fitur invoicing, order management, jasa pengiriman, autotext, dan keyboard. Solusi ini mempermudah operasional mitra UMKM,” ujarnya dalam keterangannya, Rabu (12/8).

Selain aplikasi Selly, situs www.melajubersamagojek.com  juga menyediakan informasi mengenai sejumlah solusi yang memudahkan pelaku UMKM untuk menjalankan usahanya dengan berbasis pada teknologi digital. Misalnya MidTrans Payment Link solusi pembayaran paling lengkap untuk usaha online, aplikasi GoBiz untuk manajemen usaha pelaku UMKM, Moka yang  adalah aplikasi kasir online dan alat pembayaran nontunai, layanan GoSend & GoBox, layanan GoPay, aplikasi GoFood dan GoShop. 

Baca juga : Berkat Gojek, Ratusan Ribu UMKM Selamat Dari Pandemi

Malik, pengusaha UMKM asal Cirebon, yang turut hadir dalam peluncuran inisiatif Gojek itu mengaku langsung tertarik menggunakan aplikasi Selly karena berbagai kemudahan yang ditawarkan. Malik yang menjual produk fesyen Batik itu sebelum pernah menggunakan aplikasi Moka.

Malik mengakui, saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi UMKM seperti dirinya untuk berkecimpung di dunia bisnis online. Apalagi di tengah situasi pandemic seperti saat ini di mana pameran atau bazaar sudah tidak bisa dilakukan lagi, maka berualan online menjadi satu-satunya pilihan. 

Di kesempatan yang sama, Lona Ikawati yang merupakan mitra UMKM yang menjual produk maskernya via Instagram mengaku sangat terbantu dengan aplikasi Selly. Lona sendiri sudah menggunakan aplikasi Selly sekitar 2 tahun lebih.

Baca juga : Gelora Indonesia Jadi Partai Pelopor Digital

“Dulu semua catatan penjualan dari customer, dari autotext, cek ongkos kirim, dilakukan secara manual. Sejak pakai Selly yang cakupannya ongkos kirim, cek label pengiriman, kita juga bisa lacak pengiriman kita sampai mana,” terangnya.

Direktur Utama SMESCO, Leonard Theosabrata mengatakan, sudah banyak inisiatif yang diberikan pemerintah maupun pihak swasta, seperti Gojek untuk mengakselerasi pertumbuhan UMKM di situasi pandemi ini. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.