Dark/Light Mode

Kemenkeu Ajak UMKM Gabung Ekosistem Digital Gojek

Selasa, 11 Agustus 2020 22:15 WIB
Ilustrasi driver Gojek. (Foto: net)
Ilustrasi driver Gojek. (Foto: net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mendorong sektor UMKM untuk memanfaatkan ragam solusi yang ditawarkan platform digital seperti Gojek. Pemanfaatan teknologi digital itu diharapkan mampu menggerakkan laju perekonomian nasional yang mengalami kontraksi di kuartal II akibat pandemi Covid-19.

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengawasan Pajak, Nufransa Wira Sakti mengatakan, jika peran teknologi semakin penting di era pandemi ini, di mana perlu adanya suatu ekosistem baru untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli dari berbagai tempat. 

“Kita harus bersinergi untuk memulihkan perekonomian. Pemerintah sendiri selama pandemi telah memberikan berbagai insentif bagi UMKM dan ini juga harus ditunjang oleh sektor swasta. Dengan kontribusi Gojek yang mencapai Rp 104 triliun, pemerintah merasa perlu mengoptimalkan dan memberikan perhatian di sana,” ujarnya saat memberik sambutan dalam acara webinar bertajuk “UMKM Go Digital-Dukungan untuk Pemulihan Ekonomi Nasional #MelajuBersamaGojek” yang diselenggarakan secara daring Senin (10/8).

Baca juga : Gubernur BI Ajak Milenial Adaptasi Digitalisasi Keuangan

Nufransa mengatakan, pemerintah menyambut baik inisiatif yang dilakukan Gojek dengan harapan akan semakin banyak ekosistem-ekosistem berbasis digital yang terbentuk. Dia berharap solusi platform digital seperti Gojek ini harus dapat dimanfaatkan oleh UMKM guna mengakselerasi roda perekonomian Indonesia agar dapat melaju lebih cepat daripada negara-negara lainnya. Selain itu, dengan memfasilitasi mitra UMKM ini akan semakin banyak mitra UMKM yang terdata, di mana data itu menjadi lebih akurat untuk digunakan dalam oleh pemerintah sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

“Teknologi menyatukan kita. Jadi, Go Online, Go Technology. Bahkan tidak perlu menambah resource, namun dengan bergabung di platform digital ini, mereka bisa memiliki harapan untuk Go International juga,” tukasnya.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo dalam kesempatan yang sama mengatakan jika kepercayaan terhadap Gojek dan ekosistem digitalnya mengalami peningkatan, sebagaimana ditunjukkan dari meningkatnya jumlah mitra UMKM yang bergabung ke platform superapps besutan anak bangsa tersebut.

Baca juga : Omnibus Law Dukung Ekonomi Kreatif Dan Digital

“Sebelumnya kami membutuhkan 4-5 tahun untuk dapat membangun kerja sama dengan lebih dari 500.000 merchants UMKM. Namun dalam empat bulan terakhir ini, kami berhasil membangun kerja sama dengan 120.000 mitra UMKM baru,” ujarnya.

Andre menjelaskan terdapat 60 juta UMKM di Indonesia dan daya juang mereka selama ini telah menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Oleh karenanya, lanjut dia, Gojek merasa bangga dapat memberikan ragam akses untuk membantu UMKM ini tidak hanya bertahan namun juga mengakselerasi pertumbuhannya di masa pandemi. 

Gojek dalam kesempatan itu juga meluncurkan inisiatif #MelajuBersamaGojek. Inisiatif ini merupakan  keseluruhan upaya dan teknologi dalam ekosistem Gojek untuk membantu UMKM lebih mudah menerapkan digitalisasi pada setiap langkah operasional bisnis sehari-hari, mulai dari pemasaran, pemesanan (pemrosesan order pembayaran, pengiriman, hingga administrasi.

Baca juga : Mentan Ajak Kadin Dorong Ekspor Hasil Pertanian Indonesia

Ragam solusi tersebut dapat langsung digunakan oleh semua tipe UMKM, dari yang berskala mikro hingga besar. Selain menyediakan solusi yang komprehensif untuk UMKM seperti layanan pengiriman GoSend dan GoBox, Gojek juga bekerja sama dengan berbagai pihak lainnya termasuk mitra pembayaran seperti QRIS dan Link Aja, dan penyedia logistik Pos Indonesia, Paxel, dan JNE.

Informasi mengenai ragam solusi itu dapat diakses melalui situs www.melajubersamagojek.com. Melalui situs tersebut, pelaku UMKM dapat memperoleh sejumlah solusi yang memudahkan mereka menjalankan usahanya dengan berbasis pada teknologi digital. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.