Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Demi Keselamatan Penumpang

Angkasa Pura I Tegas Terapkan Protokol Kesehatan Di Bandara

Rabu, 12 Agustus 2020 20:29 WIB
PT Angkasa Pura I meningkatkan pengawasan kepada pengguna jasa bandara untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. (Dok. Humas Angkasa Pura I)
PT Angkasa Pura I meningkatkan pengawasan kepada pengguna jasa bandara untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. (Dok. Humas Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) memahami kekhawatiran publik terutama calon penumpang maskapai akan penyebaran virus corona (Covid-19) di area bandara.

Sebab itu perusahaan konsisten menegakkan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan di seluruh lingkungan bandara yang dikelolanya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan seiring makin meningkatnya trafik penerbangan, Angkasa Pura I juga meningkatkan pengawasan kepada pengguna jasa bandara untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

"Petugas bandara ditugaskan untuk melakukan pengecekan langsung ke seluruh area terminal masing-masing bandara untuk memastikan pengguna jasa bandara menerapkan protokol kesehatan dengan baik," papar Faik dalam keterangan persnya, Rabu (12/8).

Baca juga : Banyak Maskapai Terancam Bangkrut

Dia menyebut berbagai upaya penegakan kedisiplinan di bandara dilakukan melalui banyak hal antara lain wajib meggunakan masker hingga menjaga jarak minimal 1,5 meter.

Pengawasan juga dilakukan melalui kamera CCTV yang terpusat pada ruang kontrol. Penegakan kedisiplinan tidak hanya bagi petugas tapi juga bagi semua penghuni termasuk penumpang.

Sehingga ketika terdapat penumpang yang tidak disiplin, petugas dapat langsung menghampiri dan mengingatkan penumpang tersebut.

Angkasa Pura I menjamin bahwa penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di 15 bandara dilakukan secara konsisten dan disiplin.

Baca juga : Semarang Siapkan Aturan Pelanggar Protokol Kesehatan

"Hal ini perlu disampaikan untuk meningkatkan kepercayaan diri masyarakat untuk melakukan perjalanan udara dengan nyaman dan aman di tengah masa adaptasi kebiasaan baru ini," ujar Faik.

Asal tahu saja, Angkasa Pura I menjadi perusahaan pengelola bandara yang lebih awal menyadari mengenai ancaman Covid-19.

Pihaknya mengklaim sudah melakukan pengetatan pemeriksaan kesehatan penumpang sejak 22 Januari, khususnya di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Sehingga akses menuju atau dari negara asing tidak sembarangan.

Selain itu, ketika wacana new normal mengemuka pada pertengahan Mei lalu, Angkasa Pura I juga dengan sigap merespon dengan mengeluarkan pedoman perusahaan terkait penerapan Protokol Kesehatan New Normal pada akhir Mei.

Baca juga : Angkasa Pura I Salurkan Kredit Rp 1,8 Miliar Bantu UMKM

Sosialisasi Pedoman Perusahaan terkait Protokol New Normal, baik bagi penumpang dan pemangku kepentingan bandara lainnya juga rutin dilakukan. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.