Dark/Light Mode

Ekonomi Kokoh Untuk Indonesia Maju Bersama Kereta Api

Kamis, 13 Agustus 2020 13:30 WIB
Foto: PT KAI
Foto: PT KAI

 Sebelumnya 
Di sektor angkutan barang, pada tahun 2019, KAI mengangkut sebanyak 47,62 juta ton, meningkat sebesar 5,35% dibandingkan tahun 2018 sebesar 45,2 juta ton. Selain melayani angkutan hasil tambang, perkebunan, dan industri kelas besar, KAI juga telah menghadirkan angkutan kelas retail.

Kehadiran layanan Rail Express yang mengusung angkutan retail dengan harga terjangkau menjadi angin segar di kalangan pelaku usaha, khususnya UMKM.

Baca juga : Kasus Aktif Indonesia Di Bawah Rata-Rata Dunia

Layanan Rail Express merupakan layanan angkutan barang station to station dengan harga terjangkau dan tersebar di 60 stasiun. Rail Express melayani hamper semua jenis barang retail di antaranya paket, motor, produk UMKM, e-commerce, bahan pangan, dan lainnya.

Rail Express tidak terbatas hanya untuk kalangan pengusaha, pelanggan individu pun akan dilayani sama baiknya. Dalam rangka HUT ke-75 RI, KAI memberikan diskon sebesar 17% untuk layanan Rail Express pada periode 8 - 31 Agustus 2020.

Baca juga : Keren, Jamu Indonesia Tembus Pasar Arab Saudi

“KAI siap mendistribusikan barang retail baik itu barang pangan seperti beras, telur, buah-buahan, sayur-sayuran, dan lainnya dengan aman, tepat waktu, dan efisien. Rail Express diharapkanbisa mendukung para pelaku UMKM sehingga roda ekonomi bangsa terus bergerak dinamis,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Keparcayaan pengusaha melakukan distribusi menggunakan Rail Express semakin meningkat. Hal itu bisa dilihat dari volume angkut yang terus bertambah. Pada Mei 2020, Rail Express mengangkut sebanyak 6.103 Ton, pada Juni 2020 meningkat menjadi sebanyak 10.581 Ton, dan pada Juli 2020 berhasil mengangkut sebanyak 11.325 Ton.

Baca juga : Dukung SDM Unggul - Indonesia Maju, Pertamina Beri Bantuan Pendidikan ke SMA Binaan TNI AU

Produk UMKM yang diangkut pun kian bervariasi seperti telur, tahu susu, dan produk home industry lainnya. Kini, kereta api terus berupaya untuk menjadi solusi bagi ekosistem transportasi yang dapat mendorong kemajuan perekonomian bangsa.

Ke depan, berbagai perubahan dan tantangan tak akan berhenti selaras dengan berbagai ketidakpastian zaman. Dunia pelayanan publik pun semakin dinamis. Sebagai pelayan publik, KAI akan siap, terbuka dan semangat untuk menghadapi perubahan dan terus melahirkan inovasi. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.