Dark/Light Mode

Libur Panjang

ASDP Catat Kenaikan Trafik Penumpang Dan Kendaraan

Minggu, 16 Agustus 2020 14:00 WIB
Libur Panjang ASDP Catat Kenaikan Trafik Penumpang Dan Kendaraan

RM.id  Rakyat Merdeka - Liburan panjang di Hari Kemerdekaan Ke-75 dan Tahun Baru Islam bawa berkah buat PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). ASDP mencatat jalur penyeberangan meningkat 40 persen di Pelabuhan Merak- Bakauheni.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin optimis dapat memberikan pelayanan penyeberangan yang lancar, aman dan nyaman, khususnya di jalur tersibuk Merak-Bakauheni.

Shelvy mengatakan, trafik penumpang dan kendaraan diprediksikan akan meningkat sekitar 30-40 persen dibandingkan hari normal.

"Libur Hari Kemerdekaan dan Tahun Baru Islam yang berdekatan dan kembali jatuh di akhir pekan sehingga mendorong masyarakat untuk melakukan perjalanan keluar kota, termasuk dari Jawa ke Sumatera. Sejak Jumat (14/8) kemarin malam, arus penumpang dan kendaraan cukup tinggi," ujarnya dalam keterangannya, Minggu (16/8).

Data posko Merak mulai dari Jumat (14/8) sampai Sabtu (15/8), total penumpang yang menyeberang sebanyak 35.454 orang atau naik 29,16 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 26.676 orang.

Baca juga : Pertamina Pastikan Stok BBM Aman Di Sepanjang Jalur Tol

Kendaraan roda 2 tercatat 1.849 unit atau naik 97,54 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 936 unit.

Lalu, mobil pribadi tercatat sebanyak 4.249 unit atau naik 65,46 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 2.568 unit.

Sementara, untuk kendaraan roda empat/lebih tercatat sebanyak 7.191 unit atau naik 34,99 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 5.327 unit.

Untuk total kendaraan yang menyeberang dari Merak ke Bakauheni tercatat 9.040 unit atau naik 44,34 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 6.263 unit.

ASDP juga mengimbau kepada pengguna jasa agar melakukan reservasi tiket secara online melalui Ferizy.com, yang dapat dilakukan mulai H-60 hingga maksimal 2 jam sebelum keberangkatan.

Baca juga : Pepsodent Donasikan 2,5 Persen Laba Penjualan Untuk Kesejahteraan Pemulung

Adapun ketentuan pemesanan maksimal 2 jam sebelum keberangkatan ini khusus untuk antisipasi peak season libur HUT Kemerdekaan ke 75 Republik Indonesia yang jatuh long weekend dan Tahun Baru Islam.

"Karena itu kami mengimbau kepada pengguna jasa kapal ekspres, khususnya di lintas Merak-Bakauheni agar melakukan perjalanan di pagi hari," jelasnya.

Demi kelancaran, kata Shelvy, keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengguna jasa.

Pertama, pengguna jasa yang telah membeli tiket harus tiba di pelabuhan lebih awal, yakni melakukan check-in dan cetak boarding pass paling lambat dua jam sebelum keberangkatan.

Kedua, bagi pengguna jasa yang tiba di pelabuhan melebihi waktu keberangkatan, maka tiket akan hangus. Pengguna bisa membeli tiket kembali via online.

Baca juga : Operasional Angkutan Barang Dibatasi Selama 4 Hari

Namun, hal ini tidak berlaku jika dalam kondisi tidak normal tertentu seperti gangguan massal terhadap jaringan E-ticketing, kemacetan sangat padat di tol atau arteri (kasuistik), hingga force majeur karena kondisi alam.

Ketiga, jika ada kendala yang dihadapi yang dapat menyebabkan keterlambatan, dapat melakukan reschedule tiket paling lambat 2 jam sebelum jadwal keberangkatan. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.