Dark/Light Mode

Bayar Tiket Kapal Laut Kini Bisa Pakai LinkAja

Jumat, 21 Agustus 2020 09:55 WIB
Ilustrasi. (Dok : LinkAja)
Ilustrasi. (Dok : LinkAja)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Fintek Karya Nusantara melalui LinkAja, kini resmi digunakan sebagai uang elektronik pada moda transportasi lintas pulau kapal feri, melalui situs www.ferizy.com atau aplikasi Ferizy di ponsel.

Direktur Utama LinkAja Haryati Lawidjaja mengatakan, pihaknya terus memperluas ekosistemnya termasuk di bidang transportasi yang bekerja sama dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

“Penggunaan LinkAja sebagai sumber dana di situs www.ferizy.com ini dapat digunakan untuk rute perjalanan dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni dan rute Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk ataupun sebaliknya,” ujarnya, melalui siaran pers, kemarin.

Menurutnya, hal ini upaya memperluas akses digitalisasi transaksi pada berbagai lini transportasi publik sehingga kemudahan pembayaran nontunai untuk pemesanan tiket dapat mengubah kebiasaan calon penumpang dalam proses pembayaran.

Baca juga : Top, Kartu JakCard DKI Kini Bisa Bayar Tol Dalam Kota

Dari metode konvensional melalui pembelian tunai di loket menjadi transaksi nontunai yang aman, nyaman dan mudah. Serta meminimalisir kontak fisik, terutama di era pandemi Covid-19 ini.

“LinkAja sebagai uang elektronik berbasis server pertama yang terhubung dengan website dan aplikasi Ferizy,” katanya.

Hingga saat ini, LinkAja telah dapat digunakan di lebih dari 200 ribumerchant di seluruh Indonesia, 134 moda transportasi, lebih dari 500 pasar tradisional, lebih dari 14 ribu partner donasi digital, 1.600 e-commerce dan pembayaran dan pembelian kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, LinkAja juga dapat digunakan di lebih dari satu juta titik transaksi untuk pengisian dan penarikan saldo, yang meliputi ATM, transfer perbankan, jaringan ritel, hingga layanan keuangan digital.

Baca juga : Manchester City VS Lyon, Singa Prancis Bisa Mencakar

Bahkan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Muslim di Indonesia yang membutuhkan alat pembayaran elektronik berlandaskan kaidah syariah, pihaknya juga telah menghadirkan Layanan Syariah LinkAja, yang merupakan uang elektronik syariah pertama.

Dan satu-satunya di Indonesia untuk memfasilitasi berbagai jenis pembayaran sesuai kaidah syariat Islam.

“Layanan Syariah LinkAja telah dapat digunakan di 21 distrik seluruh Indonesia yang mencakup seribu masjid, 83 lembaga amil zakat, 56 pusat kuliner halal, 33 modern retail lokal, 7 pesantren, 5 bank syariah, 2 sekolah islam dan satu universitas Islam,” katanya.

Sementara, Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi menerangkan, di era The New Normal ini tren pembelian tiket via online terus meningkat seiring gaya hidup masyarakat, yang cenderung bertransaksi elektronik dalam kegiatan konsumsi.

Baca juga : Amerika Tahan 4 Kapal Pengangkut Bahan Bakar Iran

“Bagi pengguna jasa yang ingin bertransaksi dengan membayar menggunakan LinkAja, akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500,” akunya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.