Dark/Light Mode

Naik Terus, Penumpang Bandara Angkasa Pura II di Agustus Tembus 2 Juta

Sabtu, 29 Agustus 2020 19:07 WIB
Kegiatan penerbangan di beberapa bandara milik Angkasa Pura II sudah kembali ramai. (Foto: Dok. Angkasa Pura II)
Kegiatan penerbangan di beberapa bandara milik Angkasa Pura II sudah kembali ramai. (Foto: Dok. Angkasa Pura II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pergerakan penumpang di 19 bandara milik PT Angkasa Pura II (Persero) mulai tumbuh. Perusahaan mencatat, sejak 1 hingga 28 Agustus 2020, total penumpang telah mencapai 1,9 juta orang.

"Dibandingkan dengan Juli 2020, pergerakan penumpang melonjak 41 persen," ujar  Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin Sabtu (29/8).

Berita Terkait : Ini 3 Strategi Angkasa Pura II yang Sukses Gairahkan Penerbangan

Kenaikan jumlah penumpang diikuti dengan pergerakan frekuensi pesawat yang meningkat 17 persen. Saat ini, total pergerakan pesawat telah mencapai 22.540 penerbangan, sedangkan volume kargo stabil di angka 44,26 ribu ton. Peningkatan volume penumpang dan pesawat terbesar terjadi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Muhammad Awaluddin mengungkapkan, jumlah pergerakan penumpang di bandara yang berlokasi di Cengkareng tersebut terdata sebanyak 1,10 juta orang sepanjang Agustus 2020. Angka ini naik 40 persen dari bulan sebelumnya yang hanya 794.971 orang.

Berita Terkait : Safe Travel Campaign Bikin Traveler Makin Pede Naik Pesawat

Sementara itu, pergerakan pesawat naik 18 persen menjadi 12.983 penerbangan. Adapun volume angkutan kargo naik 1 persen menjadi 35,16 ribu ton.

Ia mengatakan tren pergerakan penumpang akan terus melonjak hingga akhir Agustus. Ia memprediksi, pada pengujung bulan nanti, jumlah penumpang akan mencapai 2 juta.

Berita Terkait : Bandara Angkasa Pura I Dicap Aman Oleh Dewan Perjalanan Internasional

“Lalu lintas penerbangan semakin pulih dan Angkasa Pura II bersama stakeholder berkomitmen semakin siap dalam menerapkan dan menjaga jalanya protokol kesehatan agar tetap ketat,” ujar Muhammad Awaluddin.

Ia memproyeksikan pemulihan lalu-lintas penerbangan akan berlangsung pada kuartal keempat. Pada akhir 2020, penumpang pesawat diperkirakan dapat menembus angka 4-5 juta orang per bulan. [SRI]