Dark/Light Mode

Imbas Covid-19, Angkutan Barang Jadi Sumber Utama Pendapatan KAI

Rabu, 2 September 2020 11:18 WIB
Angkutan Barang PT KAI. (Dok. PT KAI)
Angkutan Barang PT KAI. (Dok. PT KAI)

 Sebelumnya 
Mulai pulihnya perekonomian juga terlihat pada kenaikan angkutan barang di berbagai komoditi pada bulan Agustus dibandingkan bulan Juli.

Angkutan semen naik 10 persen menjadi 368 ribu ton dari 333 ribu ton, peti kemas naik 8 persen menjadi 339 ribu ton dari 315 ribu ton, CPO naik 22 perseb menjadi 24 ribu ton dari 20 ribu ton, dan BBM naik 2 persen menjadi 181 ribu ton dari 178 ribu ton.

Baca juga : Obat Covid-19 Kudu Penuhi Standar WHO

"Peningkatan ini juga menunjukkan kembali bergeraknya sektor industri dan perekonomian yang ditunjukkan melalui tumbuhnya pergerakan barang," ujar Joni.

KAI akan terus mengoptimalkan layanan angkutan kereta barang sambil terus memulihkan bisnis angkutan penumpang. KAI juga akan terus memperluas pasar angkutan barang dengan melakukan berbagai langkah.

Baca juga : Ini 3 Strategi Angkasa Pura II yang Sukses Gairahkan Penerbangan

Seperti melakukan penandatanganan kontrak baru dengan perusahaan batu bara swasta di Sumatera Selatan, menjajaki rute-rute baru untuk berbagai komoditi, menguji coba integrasi first mile dan last mile untuk angkutan retail, dan berbagai langkah lainnya untuk peningkatan volume angkutan barang. 

"Melalui angkutan barang, KAI turut mendukung pemulihan perekonomian nasional dengan menghadirkan layanan distribusi logistik yang ramah lingkungan, cepat, tepat waktu, aman, dan dapat diandalkan," tutup Joni. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.