Dark/Light Mode

Secara Bertahap

Importir Beli Gula Dari Petani Di Level Harga Rp 11.200/Kg

Kamis, 3 September 2020 10:19 WIB
Ilustrasi gula dari petani. Net
Ilustrasi gula dari petani. Net

RM.id  Rakyat Merdeka - Komitmen importir gula melakukan pembelian gula petani di level harga Rp 11.200 per kilogram mulai teralisasi. Sejumlah importir mengaku membeli gula dari petani secara bertahap.

"Untuk grup kami, sudah dilakukan pembelian (gula petani) secara bertahap. Kalau target untuk dua tahap itu bisa mencapai 10.100 ton, dan untuk tahap pertama sudah terealisasi seluruhnya," kata Indra Suryaningrat dari grup usaha yang membawahi tiga perusahaan yakni PT Sentra Usahatama Jaya, PT Andalan Furnindo dan PT Medan Sugar Industry, dalam keterangan persnya, Kamis (3/9/2020).

Baca juga : Menko Airlangga Gandeng Importir Boyong Gula Petani

Importir gula lainnya yakni PT Dharmala Usaha Sukses juga mengaku telah melakukan pembelian gula dari petani.

"Kami importir secara bertahap merelisasikan pembelian Rp11.200, namun demikian memang saat ini ada kendala yg berat yaitu harga lelang skrg di kisaran Rp10.600. Jadi kalo kami sekarang beli dan langsung jual maka pasti rugi banyak," kata Nugroho Adi Saputro dari PT Dharmala.

Baca juga : Harga Bawang Merah Dan Gula Pasir Tinggi, Jokowi Perintahkan Cek Lapangan

Begitupula dengan beberapa importir lain yang berkomitmen melakukan penyerapan gula tani.

Sebelumnya, Anggota Komisi VI DPR, Nusron Wahid dalam rapat kerja dengan Kementerian Perdagangan, mengingatkan Mendag Agus Suparmanto yang telah menugaskan BUMN dan perusahaan importir gula untuk membeli gula petani seharga Rp 11.200 per kg.

Baca juga : Mandiri Syariah Patok Pertumbuhan KPR Syariah 20 Persen

Berdasarkan pengakuan dari para importir, kebijakan pembelian gula dari petani sudah dilakukan. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.