Dark/Light Mode

Ini Profil Singkat Bos Baru LPS, Purbaya Yudhi Sadewa

Sabtu, 5 September 2020 14:00 WIB
Purbaya Yudhi Sadewa (Foto: Istimewa)
Purbaya Yudhi Sadewa (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi telah menunjuk Purbaya Yudhi Sadewa, telah terpilih sebagai Ketua Dewan Komisioner LPS periode 2020-2025. 

Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pengangkatan Dewan Komisioner LPS ini, akan berlaku pada 20 September mendatang. 

Purbaya bukanlah sosok baru di dalam pemerintahan. Pria berusia 56 tahun yang dikenal sebagai orang kepercayaan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, saat ini menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Maritim dan Investasi (Marves).

Baca juga : Mendirikan Parpol Baru Bukan Perkara Mudah

Tugasnya, membahas isu di bidang kedaulatan maritim dan energi.

Pria kelahiran Bogor 7 Juli 1964 ini juga pernah menjadi Deputi Staf Kepresidenan. Persisnya, pada tahun 2015. Semasa Luhut menjabat Kepala Staf Kepresidenan.

Purbaya pun pernah menjadi Staf Ahli Menko Perekonomian Hatta Rajasa di era SBY.

Baca juga : Lima Bidang Baru Di Partai Gelora Diisi Kaum Hawa

Sebelumnya, Purbaya juga menjabat sebagai salah satu komisaris PT Inalum (Persero), yang menjadi induk holding BUMN pertambangan atau MIND ID.

Holding tersebut membawahi PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM), PT Timah Tbk. (TINS), PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), dan PT Freeport Indonesia.

Sarjana jurusan Teknik Elektro di Institut Teknologi Bandung (ITB), yang meraih gelar doktor di Bidang Ekonomi dari Purdue University, Indiana, Amerika Serikat ini juga pernah menjadi Kepala Danareksa Research Institute. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.