Dark/Light Mode

Gandeng KPK Dan ATR/BPN

PLN Berhasil Selamatkan Aset Negara Lebih Dari Rp 960 Miliar

Senin, 7 September 2020 14:20 WIB
Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Hasan usai bertemu pimpinan KPK terkait dengan kerja sama penyelamatan Aset negara yang dikelola oleh PLN di Gedung KPK, Jakarta Senin (7/9/2020). (Dok. PLN)
Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Hasan usai bertemu pimpinan KPK terkait dengan kerja sama penyelamatan Aset negara yang dikelola oleh PLN di Gedung KPK, Jakarta Senin (7/9/2020). (Dok. PLN)

 Sebelumnya 
Dalam kesempatan tersebut, PLN juga berterima kasih atas dukungan KPK dalam membantu, serta mengawasi jalannya tugas PLN dalam mengamankan, memelihara, sekaligus mendayagunakan aset-aset yang dipercayakan kepada PLN dalam upaya menghadirkan listrik yang berkualitas ke seluruh pelosok negeri.

“Kami tahu dan sadari betul, menekankan fungsi pencegahan selain fungsi penindakan yang selama ini telah dijalankan dengan baik oleh KPK. Pencegahan terhadap aset-aset negara, terutama yang dikelola oleh PLN, yang nilainya ratusan triliun rupiah di seluruh Indonesia, menjadi prioritas utama kami," imbuh Zulkfli.

Baca juga : PLN Amankan Aset Kelistrikan Milik Negara

Ke depan, PLN memerlukan dan memohon dukungan yang lebih erat lagi. PLN tentu saja masih membutuhkan bimbingan dan arahan dari KPK dalam pengamanan aset-aset tersebut, sehingga PLN tidak bekerja sendirian dalam menjaga aset-aset tersebut dari upaya penyalahgunaan oleh pihak-pihak lain.

Ketua KPK, Firli Bahuri memberikan apresiasi kepada PLN yang telah inisiatif melakukan pencegahan korupsi. Dirinya menilai PLN merupakan BUMN yang memiliki peran penting bagi negara.

Baca juga : Sanksi Denda Pelanggar PSBB Transisi Capai Rp 1,6 Miliar

"Saya apresiasi PLN yang sudah berupaya melakukan pencegahan korupsi. KPK mendampingi PLN sudah menyelesaikan sertifikasi aset di beberapa daerah, kemudian PLN juga sudah menerapkan SMAP (Sistem Manajemen Anti Penyuapan)," tutur Firli.

KPK juga berkomitmen terus mendukung PLN dalam menyediakan pasokan listrik untuk masyarakat.

Baca juga : Semester I 2020, KPK Klaim Selamatkan Potensi Kerugian Daerah Senilai Rp 10,4 Triliun

"PLN, salah satu BUMN yang turut serta membantu tujuan negara, salah satunya memajukan kesejahteraan umun dan kecerdasan kehidupan bangsa. Tanpa adanya penerangan dari PLN, tentu tujuan itu sulit terwujud. Oleh karena itu, PLN menjadi perhatian khusus kami dan harus kita dukung," ucap Firli. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.