Dark/Light Mode

OJK : Penting Bagi Milenial Jaga Kondisi Keuangan Saat Pandemi

Senin, 7 September 2020 19:38 WIB
OJK : Penting Bagi Milenial Jaga Kondisi Keuangan Saat Pandemi

 Sebelumnya 
Selain menabung, milenial lanjut Tirta, perlu membedakan kebutuhan dan keinginan caranya dengan menyusun daftar prioritas yang paling dibutuhkan.

Selanjutnya, milenial harus bijak dalam berutang dan lebih diutamakan utang yang sifatnya untuk produktif atau memberikan pemasukan. “Utang itu artinya uang tidak cukup, perlu pinjam oleh karena itu jangan dipaksakan, harus dihitung kalau bisa yang produktif, jangan konsumtif. Periksa kembali kemampuan membayar,” tuturnya.

Baca juga : Basarah: Pancasila dan Bismillah Konstruksi Alam Pikir dan Spiritualitas Puan

Yang terakhir, kata Tirta, milenial harus mempersiapkan dana darurat caranya dengan menabung untuk memenuhi kebutuhan saat tak terduga seperti krisis akibat pandemi.

Beberapa tips ini kata Tirta, OJK berharap milenial semakin melek dengan keuangan. Di saat yanga sama, regulator itu sedang menggenjot tingkat literasi atau pemahaman keuangan nasional yang baru mencapai 38 persen dan inklusi keuangan mencapai 76 persen.

Baca juga : Waskita Karya Pede Kinerja Bakal Membaik Di Tengah Pandemi Covid-19

Menurut dia, literasi keuangan penting bagi generasi milenial, sebab, apabila sudah memahami maka tahap selanjutnya adalah advokasi. Di mana tidak hanya mulai berinvestasi saja, tetapi juga mengedukasi dan mengajak orang-orang di sekelilingnya untuk ikut berinvestasi. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.