Dark/Light Mode

Lewat Inovasi Digital, Rumah Zakat Raih GIFA Awards 2020

Selasa, 15 September 2020 17:08 WIB
Salah satu relawan Rumah Zakat saat melakukan kegiatan di lapangan. (Foto: Rumah Zakat)
Salah satu relawan Rumah Zakat saat melakukan kegiatan di lapangan. (Foto: Rumah Zakat)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rumah Zakat turut berinovasi dengan mengembangkan Aplikasi Digital Islamic Style (DIS), sebagai upaya beradaptasi dengan perkembangan dunia, sekaligus menjawab revolusi industri 4.0.

Berkat pengembangan aplikasi tersebut, Rumah Zakat meraih Global Islamic Finance Awards (GIFA) Excellence Awards 2020 untuk kategori Zakat Management. Penghargaan tersebut diberikan setelah Rumah Zakat melalui sejumlah penilaian yang dilakukan oleh para anggota komite GIFA.

GIFA merupakan salah satu penghargaan paling bergengsi dalam dunia perbankan serta keuangan Islam di dunia. Para penerima penghargaan yang berasal dari kalangan pemerintah, lembaga, dan individu telah menunjukkan prestasi luar biasa di bidangnya masing-masing.

Baca juga : Inovasi Mahasiswa UMB Raih Hibah KBMI 2020

CEO Rumah Zakat Nur Efendi mengatakan, Rumah zakat berupaya mengembangkan beragam platform digital yang digunakan untuk menebar kebaikan baik di dalam maupun luar negeri. Diantaranya platform crowdfunding sharinghappiness.org, infak.id, lelangbintang.com, serta rumahzakat.org/donasi yang memiliki fungsi serta peran berbeda.

"Kami mendapat apresiasi dari GIFA dengan memenuhi kriteria penilaiannya antara lain inovasi, kuantitas dan kualitas layanan, jangkauan wilayah layanan, serta promosi pertumbuhan industri," jelasnya di Jakarta, Selasa (15/9).

Adanya aplikasi DIS tersebut, kuantitas dan kualitas layanan baik terhadap muzaki maupun mustahik menjadi prioritas dari Rumah Zakat sebagai jembatan kebaikan yang menghubungkan keduanya.

Baca juga : 28 Calon Tunggal Bakal Ramaikan Pilkada 2020

Rumah Zakat telah melayani 300 ribu donatur yang menitipkan hartanya untuk disalurkan kepada 34,3 juta penerima manfaat di 1.683 Desa Berada di 33 Provinsi. Sebanyak 41 persen penerima manfaat meningkat kesejahteraannya, dan 21,4 persen keluar dari dari kemiskinan.

"Rumah Zakat juga berperan aktif dalam aksi kemanusiaan dunia, dan memberikan pelayanan di 30 negara," sebutnya.

 "Insya Allah penghargaan ini akan menjadi pemicu semangat bagi kami untuk bekerja lebih amanah dan profesional sehingga akan semakin banyak orang yang terbantu," pungkasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.