Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dompet Dhuafa Luncurin Aksi Peduli Dampak Corona Dan Stunting

Kamis, 17 September 2020 23:31 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy menghadiri Peluncuran Aksi Peduli Dampak Corona Dompet Dhuafa. (Foto: ist)
Menko PMK Muhadjir Effendy menghadiri Peluncuran Aksi Peduli Dampak Corona Dompet Dhuafa. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan RRI mengadakan luncurin Aksi Peduli Dampak Corona (APDC) sebagai upaya lanjutan penanganan Covid-19 di Indonesia. Aksi Ini bentuk nyata Filantropeneur di masa pandemi demi ketahanan ekonomi skala keluarga. 

Aktivitas Program APDC mencakup bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, budaya dan iman takwa. Di sektor ekonomi, Dompet Dhuafa menginisiasi beberapa program, seperti program ketahanan pangan berbasis keluarga maupun komunitas.

Ketahanan pangan berbasis keluarga seperti budidaya ikan lele dan sayur dalam ember, kebun pangan keluarga, bantuan modal usaha mikro perorangan dan bantuan pangan yang diprioritaskan untuk lanjut usia, serta disabilitas atau mereka yang tidak bisa diberdayakan lagi. 

Baca juga : Toyota Luncurin New Yaris, Ini Kelebihannya

Dompet Dhuafa melalui Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) juga menggagas dan menerapkan program Keluarga Tangguh bagi keluarga pra sejahtera. Program Keluarga Tangguh Dompet Dhuafa tidak hanya sampai pada pemberian bantuan saja, namun terus memantau dan mendampingi hingga kestabilan ekonomi keluarga bisa tercapai.

Di sektor kesehatan, salah satu aspek yang menjadi fokus utama Dompet Dhuafa adalah penanganan stunting pada anak anak.

Parni Hadi, Inisiator dan Ketua Pembina Dompet Dhuafa mengatakan, pandemi Corona berdampak pada pertumbuhan ekonomi, dan tentu berdampak pada gizi maupun anak-anak yang akan lahir.

Baca juga : Pilkada Jadi Ajang Kampanye Masker Dan Hand Sanitizer

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhajir Effendy yang hadir pada acara tersebut mengatakan, semakin banyak organisasi sosial seperti Dompet Dhuafa yang peduli dengan stunting, tentu sangat baik. Urusan stunting bukan hanya beban atau urusan pemerintah maupun negara saja, tapi urusan kita bersama.

“Malah justru kita turut serta dalam peran aktif penuh, berkomitmen sungguh-sungguh pada penuntasan stunting dari masyarakat madani seperti Dompet Dhuafa maupun organisasi sosial,” ujarnya. “Atas nama pemerintah, Muhadjir menguncapkan terima kasih kepada Dompet Dhuafa yang memiliki kepedulian luar biasa atas program prioritas dalam membangun sumber daya manusia,” lanjutnya. 

Direktur Pengembangan Zakat dan Wakaf Dompet Dhuafa, Bambang Suherman mengatakan, sejak 2015, Dompet Dhuafa sudah terlibat di program stunting. Ada 26 titik di Kabupaten dan Kota, program stunting masih terus berjalan, perlu ada pendamping di level bawah yang basisnya penguatan keluarga. 

Baca juga : Toyota Luncurin New Hilux, Tampilannya Makin Ganteng

“Melalui pendidikan, perilaku kesehatan dan ekonomi untuk kami menciptakan generasi sehat. Intervensi berbasis dampak Corona, juga ada 155 kader terlatih untuk mendampingi,” katanya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.