Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mudah Bayar Zakat Lewat Tapcash Baznas Card

Jumat, 8 Maret 2019 03:45 WIB
Mudah Bayar Zakat Lewat 
Tapcash Baznas Card

RM.id  Rakyat Merdeka - PT BNI Syariah merangkul Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mempermudah pembayaran Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf (Ziswaf) para muzakki (orang yang berzakat), melalui kartu Tapcash Baznas Card. BNI Syariah mematok tahun ini ada 100 ribu pemegang kartu tersebut dengan nilai transaksi mencapai Rp 25 miliar.

Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Fiman Wibowo mengatakan, kartu ini memuat informasi seperti nama muzakki dan Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ) yang merupakan nomor identitas bagi setiap pembayar zakat.

“Kami mempermudah pembayaran Ziswaf pada Tapcash Baznas Card yang potensinya tahun ini mencapai Rp 25 miliar,” kata Firman di sela-sela acara Rapat Koordinasi Nasional Rakornas Tahunan Zakat 2019 yang diadakan Baznas di Jakarta. Selain itu, kata dia, Tapcash Baznas Card juga dapat digunakan untuk pembayaran tol, kereta, busway, dan sebagai alat bayar di beberapa merchant. Top up saldo Tapcash Baznas Card bisa dilakukan melalui fasilitas mobile banking atau ATM BNI Syariah.

Baca juga : Kampanye Zaman Now, Lewat Medsos Gandeng Anak Muda

Anak usaha BNI ini juga mendukung kemudahan pemba- yaran Ziswaf bagi nasabah dan masyarakat melalui berbagai channel berbasis teknologi digital bersinergi dengan BNI Induk. Misalnya, e-banking (ATM, mobile banking, dan internet banking) dengan fitur pembayaran Ziswaf serta aplikasi android Wakaf Hasanah dan website wakafhasanah.bnisyariah.co.id.

Sepanjang 2018 dana zakat yang terhimpun di BNI Syariah tercatat senilai total Rp 101 miliar. Dana ini terbagi menjadi dua, yaitu melalui Yayasan Hasanah Titik (mitra pengelola Ziswaf BNI Syariah) baik zakat dari nasabah, perusahaan, maupun karyawan sebesar Rp 41 miliar dengan penyaluran pada bidang pendidikan, kesehatan, kemanusiaan, ekonomi dan dakwah. Dan, yang kedua, dana zakat masyarakat dari lembaga zakat mitra BNI Syariah sebesar Rp 60 miliar.

Sebelumnya, BNI Syariah mengincar pertumbuhan pembi- ayaan mikro hingga akhir tahun 2019 mencapai 35 persen. Hingga akhir tahun lalu, bisnis pembi- ayaan mikro produk BNI Syariah, BNI IB Hasanah sebesar Rp 1,08 triliun dengan total nasabah lebih dari 12 ribu nasabah.

Baca juga : Masyarakat Sadar Bencana

Firman mengatakan, untuk menggenjot target pembiayaan mikro di akhir tahun perseroan terus bekerja sama dengan stakeholder serta memberikan fasilitas pembiayaan kepada sek- tor mikro. Salah satunya dengan membangun fasilitas Hasanah Spot dengan memfasilitasi pedagang sertifikasi halal yang berlokasi di Pasar Modern Bintaro, Tangerang Selatan. Hasanah Spot adalah lokasi tempat berbelanja dimana lokasi tersebut disediakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat muslim, khususnya di wilayah Bintaro dan sekitarnya.

“Industri halal memiliki potensi besar maka dari itu sebagai Hasanah Banking Partner, kami senantiasa mendukung pengem- bangan sektor industri halal dengan menggandeng seluruh mitra stakeholders di antaranya pengusaha, e-commerce, UMKM, institusi pendidikan, rumah sakit, travel wisata dan ZISWAF (zakat, infaq, sedekah dan wakaf),” kata Firman.

BNI Syariah menyuguhkan penawaran khusus bagi para pedagang di Pasar Modern Bintaro, salah satunya program Mitra Hasanah untuk produk pembiayaan Mikro 2 iB Hasanah dengan plafon pembiayaan antara Rp 5 juta sampai dengan Rp 50 juta.

Baca juga : Libur Nyepi, ASDP Tutup Sementara Penyeberangan Jawa-Bali-Lombok

Selain itu, ada produk pembiayaan Mikro 3 iB Hasanah dengan plafon pembiayaan antara Rp 50 Juta sampai dengan Rp 500 juta dengan jangka waktu sampai dengan 5 tahun, serta pembiayaan Wirausaha iB Hasanah dengan plafon pembiayaan antara Rp500 juta hingga Rp1 miliar dengan jangka waktu sampai dengan 7 tahun.[DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.