Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KAI Luncurkan Logo Baru di Momen HUT ke-75

Senin, 28 September 2020 14:41 WIB
Peluncuran logo baru KAI dalam perayaan HUT ke-75 KAI di Bandung, Senin (28/9). (Foto: Dok. KAI)
Peluncuran logo baru KAI dalam perayaan HUT ke-75 KAI di Bandung, Senin (28/9). (Foto: Dok. KAI)

 Sebelumnya 
CSR untuk Penyandang Disabilitas
Dalam rangka HUT ke-75 KAI, melalui program CSR, KAI memberikan bantuan sebesar Rp 1.075.000.000 kepada penyandang disabilitas di seluruh wilayah operasi KAI dari Aceh sampai Jember. “Di momen spesial ini, kami ingin merangkul saudara-saudara dan anak-anak kita yang berkebutuhan khusus agar terus termotivasi, sehingga dapat berkarya lebih banyak lagi,” ujar Didiek.

Bantuan yang diberikan KAI berupa sarana dan prasarana seperti kursi roda, alat bantu dengar, tempat tidur, perbaikan gedung, serta sarana air bersih kepada yayasan-yayasan disabilitas dan sekolah luar biasa. Di samping itu, bantuan juga diberikan untuk mendukung kelompok usaha dan aksesibiltas para disabilitas berupa peralatan usaha, motor roda 3, dan mobil operasional. 

Terbitkan Buku
Untuk memperingati HUT ke-75-nya hari ini, KAI berkolaborasi dengan PT Balai Pustaka (Persero) menerbitkan sebuah buku berjudul Sejarah Perkeretaapian Indonesia Dulu, Kini, dan Mendatang. Buku ini berisi perjalanan panjang KAI, mulai dari pertama kali pembangunan jalur kereta api hingga KAI terus bertransformasi tanpa henti. Dalam buku juga dituliskan bagaimana strategi perusahaan menghadapi pandemi Covid-19 saat ini, yang akan menjadi bagian dari sejarah perkeretaapian Indonesia di masa yang akan datang.

Baca juga : Lazada Luncurkan Fitur Baru LazMall

“Buku Sejarah Perkeretaapian Indonesia Dulu, Kini, dan Mendatang dapat dijadikan pembelajaran khususnya bagi generasi muda untuk memajukan perkeretaapian Indonesia yang kita cintai,” kata Didiek.

Milestone KAI
Selama setahun terakhir, terdapat sejumlah milestone untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan KAI. Pada 29 Desember 2019, KA Bandara Adi Soemarmo Surakarta mulai beroperasi. KA Bandara Adi Sumarmo melengkapi daftar kereta api dengan relasi bandara yang sebelumnya sudah tersedia di Kualanamu, Jakarta, Padang, Palembang, dan Yogyakarta.

KAI juga secara terbuka berkolaborasi dengan instansi-instansi lain untuk peningkatan pelayanan perusahaan. Kerja sama dengan Bank Mandiri dilakukan di bidang peningkatan kualitas SDM dan integrasi pembayaran digital. Adapun sinergi dengan Pemprov dan BUMD, KAI laksanakan untuk penataan, pengembangan, dan stasiun terpadu di wilayah Jabodetabek. KAI juga bekerja sama dengan pihak BUMN dan swasta untuk menggelar rapid test dengan harga murah di stasiun-stasiun, serta sinergi-sinergi lainnya.

Baca juga : Lupakan Corona dengan Mayoran dan Ngaliwet

Menghadapi wabah Covid-19, KAI melakukan berbagai langkah agar pelanggan dan pegawai KAI terhindar dari paparan virus tersebut. Sosialisasi terus KAI lakukan dengan gencar di seluruh stasiun di Indonesia. KAI juga secara disiplin menerapkan protokol kesehatan mengacu kepada pemerintah seperti pemeriksaan suhu badan, wajib pakai masker, penyediaan fasilitas cuci tangan, dan pembatasan kapasitas penumpang. Hasilnya, KAI berhasil meraih penghargaan Heroes of The Transportation Industry in The Pandemic Era dari media ternama serta Safe Guard Label SIBV karena dinilai telah konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kereta api.

“Dalam periode hampir setahun ke belakang kita dihadapkan dengan tantangan yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Namun dengan semangat adaptif, solutif, dan kolaboratif, KAI terus melakukan upaya-upaya untuk terus bisa bertahan bahkan tetap melakukan perbaikan di semua lini,” kata Didiek.

Pada perayaan hari jadinya ini, KAI mengambil tema 75 Tahun KAI: Adaptif, Solutif, Kolaboratif untuk Indonesia. “Tema ini kami ambil dalam perayaan HUT KAI di tahun 2020 dengan harapan agar layanan transportasi KA cepat beradaptasi untuk tetap relevan dengan perkembangan zaman, dapat melayani masyarakat yang berkembang dari waktu ke waktu, dan memberikan solusi perjalanan bagi segenap lapisan masyarakat dengan berkolaborasi bersama para stakeholders yang terkait untuk menciptakan layanan transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai tujuan,” ujar Didiek.

Baca juga : MSI Perkenalkan Laptop Bagi Content Creation

Didiek mengatakan, dalam momentum HUT Ke-75 KAI ini, ia mengajak kepada seluruh insan KAI untuk terus bersemangat dan berjuang dalam menghadapi tantangan yang ada dalam rangka mewujudkan visi dan misi perusahaan. “Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, mitra, dan insan KAI yang telah memberikan dedikasi dan kerja kerasnya untuk kemajuan KAI hingga pada saat ini. Saya ucapkan terima kasih juga kepada para pendahulu para perintis yang telah memberikan dedikasinya sehingga KAI bisa berkembang hingga seperti saat ini,” tutup Didiek. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.