Dark/Light Mode

Dukung Ekonomi Aceh, Pertamina Sumbang PAD 171,3 Miliar

Rabu, 30 September 2020 15:06 WIB
Dukung Ekonomi Aceh, Pertamina Sumbang PAD 171,3 Miliar

 Sebelumnya 
Terutama, sejak diterapkannya program pemasangan stiker sebagai identitas kendaraan yang berhak mengkonsumsi BBM subsidi di wilayah Aceh.

Pertamina mencatat, sekitar sebulan sejak diterapkannya program pemasangan stiker di Aceh, konsumsi rerata harian Pertamax Cs mengalami peningkatan. Sebaliknya, konsumsi Premium mengalami penurunan mencapai 4,3 persen, dibanding sebelum program pemasangan stiker.

Baca juga : SHM Belum Terbit, Ekonomi Transmigran Sulit Berkembang

"Dampak program stiker, kami melihat ada perubahan perilaku konsumsi ke arah BBM berkualitas. Pergeseran konsumsi 95 persen ke Pertamax, 5 persen ke Pertamax Turbo. Itu sebabnya Pertamax Turbo mengalami kenaikan tertinggi 27 persen. Disusul Pertamax yang naik 14 persen, kemudian Pertalite naik tipis 0,5 persen dibandingkan sebelum program pemasangan stiker,” ungkap Roby.

Tren positif serupa juga terjadi pada segmen BBM diesel. Peningkatan tertinggi terjadi pada Dexlite yang mencapai 124 persen. Disusul Pertamina Dex, yang naik 44 persen dibandingkan sebelum program.

Baca juga : Dongkrak Ekonomi di Tengah Pandemi, Bogor dan Banyuwangi Punya Jurus Sendiri

Terbukti, program stiker mulai menunjukkan dampak positif. Pergeseran konsumsi dari BBM subsidi dan Premium, menggambarkan masyarakat mampu yang tak mau ditempel stiker, beralih menggunakan BBM berkualitas.

"Ini akan membawa dampak positif bagi konsumen, karena mesin kendaraan lebih awet dan efisien. Impact lainnya, mendorong perekonomian Aceh melalui setoran PBBKB,” pungkas Roby. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.