Dark/Light Mode

Paguyuban LAMPUNG JEJAMO Dukung Erick Jadikan BUMN Unggul Di Kancah Internasional

Jumat, 2 Oktober 2020 13:03 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Paguyuban Masyarakat Lampung Perantauan LAMPUNG JEJAMO mendukung langkah Erick Thohir membenahi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Paguyuban Masyarakat Lampung Perantauan LAMPUNG JEJAMO Sholihin Syam mengatakan, pihaknya mengapresiasi berbagai terobosan yang dilakukan Erick Thohir selaku Menteri BUMN dalam membenahi perusahaan pelat merah.

“Erick benar-benar menunjukkan kemampuannya,” kata Sholihin yang didampingi pengurus LAMPUNG JEJAMO saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (2/10).

Menurut dia, Kementerian BUMN telah melakukan pemangkasan di deputi dengan alasan yang sangat masuk akal. Sebagaimana arahan Presiden untuk mempercepat gerak dalam membangun bangsa, serta penyederhanaan birokrasi.

Erick juga mampu melakukan perampingan di tubuh BUMN. Misalnya, pada April 2020, Erick resmi memulai penutupan 51 anak dan cucu perusahaan BUMN.

Baca juga : Partai Gelora Dukung Pasangan ADAMA Agar Makassar Jadi Kota Internasional

Sementara di sektor pangan, lanjut Sholihin, Erick telah menargetkan dilakukannya penggabungan klaster pangan. Hal ini dilakukan untuk mendorong terbentuknya rantai industri pangan yang terkonsolidasi di BUMN.

Dia juga setuju dengan Erick yang berencana menggabungkan PTPN, Perum Bulog dan Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) ke dalam klaster BUMN Pangan.

“Dengan penggabungan klaster ini, akan mengurangi impor dan ke depannya bisa mewujudkan ketahanan pangan menuju Indonesia Emas 2045,” jelas Sholihin.

Karena itu, menurut dia, jika ditarik benang merah dari sekian rentetan kebijakan yang diambil oleh Erick, akan ditemukan suatu pola kebijakan yang konsisten dan terukur.

Pasalnya, dari sudut pandang reformasi birokrasi, apa yang dilakukan Erick bagian dari efisiensi dan transformasi. “Karenanya kita semua harus mendukung beliau,” kata dia.

Baca juga : PGN Dukung Pemulihan Perekonomian Nasional

Yang paling penting lagi, lanjut Sholihin, gagasan Erick yang akan menjadikan BUMN Indonesia seperti Temasek di Singapura dan Khazanah di Malaysia, menandakan Erick punya visi terciptanya BUMN yang profesional dan unggul dalam persaingan internasional.   

Nah, jika ada beberapa pihak yang menyangsikan kerja Erick di BUMN, misalnya lebih baik saat ini Kementerian BUMN fokus melakukan transformasi di perusahaan pelat merah yang kinerjanya masih negatif,  menurut Sholihin, itu pemikiran yang sudah telat.

“Kita tuh harusnya lihat ke depan. Jalan terus Bung Erick. Untuk kesejahteraan rakyat jangan ada kata kendor,” dukungnya.

Sholihin menganggap Erick profesional dan berintegritas, dengan tidak terpengaruh berbagai tekanan internal maupun eksternal.

Masyarakat juga bisa melihat bagaimana kebijakan Erick mengganti figur-figur senior dengan yang lebih muda. Hal itu  menjadi gambaran agar Kementerian BUMN lebih progresif dan bergerak cepat. Apalagi BUMN menjadi andalan untuk bangkitnya ekonomi nasional usai krisis akibat pandemi Covid-19.

Baca juga : Kementan: Sapi Wagyu BIB Lembang Dukung Ketersediaan Daging Premium Di Indonesia

“Mari berdoa semoga BUMN kita benar-benar berubah di masa akan datang. Bisa memberikan kontribusi optimal dalam pertumbuhan ekonomi secara khusus dan kesejahteraan rakyat Indonesia secara umum,” pungkas Sholihin. [MER]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.