Dark/Light Mode

Banjir Jakarta Awal Tahun Jadi Sorotan Media Internasional

Kamis, 2 Januari 2020 10:30 WIB
Banjir Jakarta Awal Tahun Jadi Sorotan Media Internasional

RM.id  Rakyat Merdeka - Banjir di Jakarta pada awal tahun 2020 ini menjadi sorotan sejumlah media internasional. Mereka memberitakan soal kematian warga hingga soal listrik yang diputus.

Media Singapura The Straits Times di laman straitstimes.com mengangkat judul "4 dead after Jakarta hit by flooding". Isinya memberitakan, empat orang tewas ketika ibu kota Indonesia dilanda banjir.

Tanah longsor yang dipicu hujan deras pada Malam Tahun Baru juga telah menewaskan beberapa warga lagi. Kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Jakarta, Subejo, listrik dimatikan di ratusan lingkungan yang tergenang air di seluruh Jakarta, rumah bagi sekitar 30 juta, dengan beberapa jalur kereta api dan salah satu bandara kota juga ditutup. Seorang anak berusia 16 tahun tersengat listrik oleh kabel listrik, sementara tiga orang lagi meninggal karena hipotermia.

Baca juga : Malam Tertawa Siang Menangis

Media Malaysia, The Star juga menyoroti bencana banjir di Jakarta dengan judul "Overnight rain triggers severe flooding in Jakarta". Dilaporkan thestar.com.my, hujan deras di ibu kota Indonesia dan daerah sekitarnya sejak Malam Tahun Baru memicu kemungkinan banjir terburuk dalam hampir tujuh tahun.

Lebih dari 700 daerah menderita pemadaman listrik, menurut perusahaan listrik milik negara Perusahaan Listrik Negara. Bandara Halim Perdanakusuma harus menutup dan membatalkan beberapa penerbangan karena landasan pacu banjir.

Banyak jalan di Jakarta juga tidak bisa dilewati. Curah hujan diperkirakan akan terus berlanjut dalam tiga hari ke depan, menurut badan cuaca negara itu, yang dikenal sebagai BMKG, dalam akun Twitter-nya, mendesak orang untuk menyimpan dokumen-dokumen penting di tempat yang aman dan untuk mempersiapkan cadangan pasokan listrik.

Baca juga : Banjir Jakarta, Masjid Siap Menjadi Tempat Berlindung

Media AS, Bloomberg juga menyoroti bencana banjir di Jakarta dengan artikel berjudul "Indonesian Capital Jakarta Hit by Worst Flooding Since 2013".

Dalam artikel itu dituliskan, pemerintah provinsi Jakarta memprioritaskan keselamatan penduduk dan menginstruksikan sekolah dan beberapa kantor untuk bersiap menyediakan tempat berlindung karena agen cuaca negara itu mengharapkan curah hujan akan terus berlanjut dalam tiga hari ke depan.

Pada Januari 2013, lebih dari 30 juta penduduk Jakarta terkena dampak banjir yang menewaskan puluhan orang dan daerah tergenang termasuk kawasan pusat bisnis.

Baca juga : Beberapa Titik di Jakarta Banjir, Jalan Dialihkan

Media Thailand, Bangkok Post juga menuliskan artikel yang sama dengan judul "Jakarta hit by worst flooding since 2013". [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.