Dark/Light Mode

KKP: UU Cipta Kerja Mudahkan Nelayan Bikin Koperasi

Rabu, 21 Oktober 2020 13:35 WIB
Ilustrasi Nelayan. (Foto: KKP)
Ilustrasi Nelayan. (Foto: KKP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan UU Cipta Kerja mendorong nelayan untuk membentuk koperasi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Perikanan KKP Artati Widiarti mengaku gencar mengedukasi nelayan untuk bertransformasi dari kelompok usaha bersama (KUB) menjadi koperasi. "Transformasi ekonomi nelayan menjadi kata kunci dalam peningkatan kehidupan masyarakat perikanan yang lebih sejahtera," katanya di Jakarta, Rabu (21/10).

Berita Terkait : Bos OJK Klaim Pasar Modal Mulai Bergeliat

Artati mengungkapkan, keberadaan UU Cipta Kerja diharapkan bisa menjadi pendorong peningkatan rasio partisipasi masyarakat untuk berkoperasi sekaligus berkontribusi terhadap perekonomian.

Apalagi, dalam regulasi tersebut nantinya akan ada penyederhanaan syarat pembentukan dan kemudahan pengelolaan koperasi. "Kami mendorong para nelayan membentuk kelompok-kelompok usaha berupa koperasi atau badan usaha lainnya," ujarnya.

Berita Terkait : Kemenkop UKM Dorong Koperasi Genjot Penyaluran Non KUR

Artati mencontohkan, sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu di Biak Numfor yang telah membangun model bisnis perikanan dengan sistem terintegrasi meliputi koperasi perikanan di wilayah sentra-sentra nelayan dan bermitra dengan pengelola gudang beku.
 Selanjutnya