Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perjalanan 9 Bulan Hadapi Covid-19, Ini Strategi Yang Dipilih PT Angkasa Pura II

Rabu, 21 Oktober 2020 23:57 WIB
Pemeriksaan suhu tubuh calon penumpang pesawat. (Foto: Dok. AP II)
Pemeriksaan suhu tubuh calon penumpang pesawat. (Foto: Dok. AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sepanjang sembilan bulan atau dari Januari-September 2020, pandemi Covid-19 memberikan tekanan hebat ke sektor pariwisata dan pendukung, termasuk penerbangan. Pada awal tahun ini, tepatnya Januari-Februari, rute internasional mulai melemah. Kemudian pada Maret, rute domestik ikut terdampak.

PT Angkasa Pura II (Persero), selaku pengelola 19 bandara, melakukan sejumlah penyesuaian untuk tetap menjaga konektivitas udara Tanah Air. “Sudah sekitar 9 bulan kita menghadapi Covid-19 dan selama pandemi ini PT Angkasa Pura II bergerak dinamis dengan menetapkan strategi agar bisa beradaptasi dengan keadaan,” jelas President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, dalam keterangan yang diterima RMco.id, Rabu (21/10). 

Muhammad Awaluddin mengatakan, adaptasi yang dilakukan PT Angkasa Pura II fokus pada 3 area. Yaitu operasional, pelayanan, dan bisnis. 

Operasional
Dampak pandemi terasa sejak Kuartal I/2020. Saat itu, jumlah penumpang pesawat di bandara PT Angkasa Pura II turun 4 persen dibandingkan periode yang sama di 2019. Penurunan itu memberi sinyal bahwa Covid-19 akan berdampak pada penerbangan sepanjang 2020. 

Baca juga : Petani Kamboja Tangkal Covid-19 Pakai Orang-orangan Sawah

Sebagai langkah antisipasi agar bandara tetap beroperasi optimal, PT Angkasa Pura II merespons dengan menetapkan 4 pola operasional: Normal Operation, Slow Down Operation, Minimum Operation I, dan Minimum Operation II. “Fasilitas yang digunakan di bandara disesuaikan dengan pergerakan penumpang sehingga penetapan pola operasional ini memungkinkan bandara dapat melakukan efisiensi. Sepanjang 9 bulan terakhir, AP II berhemat Rp1,8 triliun,” jelas Muhammad Awaluddin. 

Pelayanan
Memasuki Kuartal II/2020, PT Angkasa Pura II sudah menerapkan fasilitas dan pelayanan yang sesuai dengan kondisi Covid-19, berfokus pada physical distancing, health screening, touchless processing, people protection, dan facility cleanliness and sanitizing. PT Angkasa Pura II bersama stakeholder juga menetapkan SOP dalam penanganan COVID-19. Protokol kesehatan dari Kementerian Kesehatan dan Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 juga diterapkan. 

“Covid-19 dinyatakan masuk ke Indonesia pada Maret. AP II dan stakeholder langsung berkoordinasi dan menetapkan protokol serta SOP yang sesuai dengan kondisi pandemi. Kami berupaya mewujudkan bandara yang aman, nyaman dan sehat agar masyarakat tidak ragu menggunakan transportasi udara guna mendukung aktivitas,” jelas Muhammad Awaluddin. 

Kolaborasi antara PT Angkasa Pura II dan stakeholder kemudian diperkuat dengan menggaungkan Safe Travel Campaign. Hasilnya, Bandara Soekarno-Hatta diakui sebagai salah satu bandara paling aman dari Covid-19. Safe Travel Barometer memberikan skor tertinggi hingga 4.09 dari yang paling tinggi 5, terhadap Bandara Soekarno-Hatta sejalan dengan penerapan ketat protokol kesehatan Covid-19. 

Baca juga : Wamenag: Kalau Ada Yang Potong, Kami Pidanakan...

“Kombinasi dari protokol kesehatan, SOP fasilitas dan pelayanan, serta kolaborasi, membuat kepercayaan masyarakat meningkat ditandai dengan meroketnya jumlah penumpang pesawat di 19 bandara. Pada Kuartal II jumlah penumpang pesawat 1,56 juta orang, lalu meroket 247 persen menjadi 5,42 juta orang pada Kuartal III/2020,” ungkap Muhammad Awaluddin. 

Bisnis
Dari sisi bisnis, AP II menjalankan strategi Business Survival Initiatives yang terdiri dari tiga program yaitu cost leadership, capex disbursement dan cash flow management. Program itu diterapkan dalam bisnis aeronautika dan nonaeronautika. Fokus bisnis aeronautika di tengah pandemi adalah optimalisasi slot time penerbangan di bandara, pengaktifan kembali rute dan peningkatan frekuensi penerbangan. Adapun melalui fokus ini, sekarang utilisasi kapasitas penerbangan di bandara AP II dapat mencapai sekitar 45 persen. 

Sementara itu, di bisnis nonaeronautika fokus utama adalah menjaga tenant komersial dapat tetap membuka layanan di terminal penumpang melalui berbagai program customer retention, serta berbagai bisnis yang dijalankan anak usaha. “Kontribusi bisnis nonaeronautika banyak berasal dari anak usaha yakni PT Angkasa Pura Solusi, PT Angkasa Pura Kargo, PT Angkasa Pura Propertindo, PT Angkasa Pura Aviasi dan PT Gapura Angkasa,” jelas Muhammad Awaluddin. 

AP II pada tahun ini juga berupaya melakukan optimalisasi aset, salah satu realisasinya adalah dibukanya secara resmi pangkalan helikopter (Heliport) di Bandara Soekarno-Hatta yang dikelola oleh Whitesky. Heliport tersebut digunakan untuk transportasi dan medis. 

Baca juga : Pertemuan Sister City Bandung dan Fort Worth, Texas Digelar

Melalui berbagai inovasi bisnis, AP II dapat menjaga kinerja dengan tetap menjaga EBITDA di area positif pada tahun ini. “Selama pandemi, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan juga tidak pernah berhenti mendukung kegiatan operator bandara di mana saat ini sudah diterbitkan juga aturan pemberian insentif dan stimulus bagi masyarakat agar penerbangan semakin bergairah,” ucap Muhammad Awaluddin

AP II meyakini lalu lintas penerbangan dan pergerakan angkutan udara akan semakin membaik pada Kuartal IV/2020. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.