Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bukalapak Cs Janji Berikan Kemudahan

Makin Banyak Warga Bayar Pajak Lewat E-Commerce

Minggu, 25 Oktober 2020 06:11 WIB
Bukalapak Cs Janji Berikan Kemudahan Makin Banyak Warga Bayar Pajak Lewat E-Commerce

RM.id  Rakyat Merdeka - Langkah pemerintah menggandeng e-commerce untuk memudahkan pembayaran pajak mendapatkan respons positif di masyarakat. Transaksi secara digital itu menunjukkan kenaikan.

CHIEF Executive Officer (CEO) Bukalapak Rachmat Kaimuddin mengungkapkan, pihaknya mencatat kenaikan transaksi pembayaran pajak secara digital.

Untuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta Pajak Kendaraan Bermotor (E-Samsat) mencapai pertumbuhan 86 persen, dari sebelumnya di bawah itu. Dan, jumlah pengguna tumbuh hingga 55 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Baca juga : BNI Tebar Miliaran Rupiah Bagi Nasabah E-Commerce

“Capaian yang signifikan itu juga karena dukungan perluasan cakupan daerah (yang sediakan layanan via online), “ ujar Rachmat kepada Rakyat Merdeka.

Dia mengatakan, layanan teknologi ini ditujukan untuk mendukung optimalisasi pelayanan publik. Melalui teknologi, pengguna bisa menunaikan kewajibannya membayar PBB tanpa harus keluar rumah.

Menurut Rachmat, Bukalapak merupakan marketplace pertama yang menerima pembayaran ESamsat melalui aplikasi. Sekarang, pihaknya ingin berkontribusi lebih luas, mendukung pengembangan daerah.

Baca juga : Perusahaan Asing Kepincut Kembangkan Bandara Internasional Lombok

Pihaknya siap mendukung pengembangan daerah melalui sistem yang lebih efektif dan efisien. “Diharapkan upaya kami bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, pembangunan infrastruktur dan pendapatan negara,” jelas Rachmat.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya juga menyatakan siap mempermudah proses pembayaran pajak.

“Tokopedia sudah pasti akan terus mempermudah masyarakat untuk membayar pajak. Kami pun sudah bekerja sama dengan pihak pemerintah daerah (Pemda)maupun pusat,” kata Ekhel kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Operasikan PLTSa Di Bangka, PLN Hemat Biaya Penyediaan Listrik

Dalam hal ini, lanjutnya, Tokopedia memfasilitasi berbagai jenis pembayaran melalui fitur yang disediakan di dalam aplikasi. Sehingga, hambatan yang menahan masyarakat membayar pajak karena alasan konvensional, bisa diminimalisir.

“Kami akan perluas kerja sama, belum lama ini kami sinergi dengan Pemda Kepulauan Riau dan Banten,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.