Dark/Light Mode

Bukalapak Cs Janji Berikan Kemudahan

Makin Banyak Warga Bayar Pajak Lewat E-Commerce

Minggu, 25 Oktober 2020 06:11 WIB
Bukalapak Cs Janji Berikan Kemudahan Makin Banyak Warga Bayar Pajak Lewat E-Commerce

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kementerian Dalam Negeri, Hamdani memprediksi,pendapatan negara dari pajak di tahun ini akan merosot akibat pandemi.

Menurutnya, kondisi itu perlu diantisipasi oleh Pemda dengan mempermudah fasilitas pelayanan. “Kita semua paham, memang situasi ini sebagai keniscayaan.

Maka sekarang melakukan pembayaran pajak secara online menjadi alternatif,” katanya dalam diskusi virtual, akhir pekan kemarin. Dia meminta Pemda supaya memetakan penarikan wajib pajak, baik dari perorangan maupun perusahaan.

Baca juga : BNI Tebar Miliaran Rupiah Bagi Nasabah E-Commerce

Pemda perlu cekatan dalam membuat solusi agar masyarakat bisa tetap memenuhi kewajibannya. Untuk itu, Pemda bisa menggandeng e-commerce. Sebab, jika tidak cepat diantisipasi maka belanja daerah yang akan terganggu.

Di kesempatan yang sama, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kementerian Keuangan, Hestu Yoga Saksama juga mendorong Pemda menyediakan pembayaran via online.

“Pajak itu kan sesuatu yang harus dilakukan. Sekarang agar masyarakat itu mau bayar pajak, maka harus dipermudah cara bayar pajaknya,” ujar Hestu Yoga.

Baca juga : Perusahaan Asing Kepincut Kembangkan Bandara Internasional Lombok

Hestu mengungkapkan, saat ini telah terjadi peningkatan jumlah masyarakat yang memanfaatkan layanan digital dalam melaporkan pajak.

Berdasarkan data yang disampaikannya, dari 13,4 juta pelapor surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak di tahun lalu, sebanyak 93 persen disampaikan melalui e-Filling.

“Jika dahulu orang mau bayar pajak itu antre di bank, atau lapor SPT tahunan harus antri di kantor pajak. Sekarang sudah memasuki area servis perpajakan yang praktis melalui digital,” lanjutnya.

Baca juga : Operasikan PLTSa Di Bangka, PLN Hemat Biaya Penyediaan Listrik

Hestu menegaskan, pemerintah mendukung peran e-commerce, seperti Bukalapak, yang telah mempermudah proses pembayaran pajak. Menurutnya, inisiatif e-commerce dalam mempermudah pembayaran pajak perlu terus didorong. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.