Dark/Light Mode

Sambut Sumpah Pemuda

Rumah BUMN BNI Kolaborasi Tumbuhkan Wirausaha Muda Sosial

Senin, 26 Oktober 2020 14:51 WIB
BNI mengadakan UMKM Muda Virtual Week Spesial Sumpah Pemuda pada 20 – 26 Oktober 2020 dengan tema Muda, Berdaya dan Berdampak. (Foto: Dok. BNI)
BNI mengadakan UMKM Muda Virtual Week Spesial Sumpah Pemuda pada 20 – 26 Oktober 2020 dengan tema Muda, Berdaya dan Berdampak. (Foto: Dok. BNI)

 Sebelumnya 
BNI juga membantu pemasaran produk lokal Indonesia dalam program BNI UKM Unggulan Nusantara (Bunga Nusantara) yang aktif melakukan kurasi produk asli Indonesia, untuk Galeri UMKM di marketplace nasional serta kegiatan pameran di tingkat nasional dan dunia. "Di kalangan generasi muda masa kini, wirausaha sosial adalah salah satu pilihan populer anak muda untuk berkarya dan berkontribusi untuk sesama," imbuhnya.

Sementata, empat agenda kegiatan tersebut adalah UMKM Muda Talk, UMKM Podcast Muda Berjuang, UMKM Muda Virtual Bisnis Tour dan Virtual Pop up Market yang menghadirkan kurasi produk-produk kreatif lokal untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Baca juga : Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Bamsoet: Ini Adalah Era Kolaborasi

Salah satu founder Ayo Naik Kelas Nur Aini Hanifah mengatakan, anak muda butuh panggung positif untuk mereka berkarya, UMKM Muda Virtual Week adalah sebuah inisiatif sosial dari Ayo Naik Kelas, bersama Rumah BUMN BNI untuk memberikan apresiasi dan energi positif bagi anak-anak muda, untuk terus bergerak dan berdampak dari hal terkecil yang bisa mereka lakukan untuk Indonesia Maju.

Dalam keterbatasan, mereka bergerak membangun usaha untuk memberdayakan masyarakat. Makna cinta tanah air mereka aplikasikan dalam usaha sosial yang bukan hanya bukan mengejar profit, namun juga dapat menjadi solusi bagi masalah sosial yang terjadi di masyarakat.

Baca juga : Pegadaian dan Pertamina Kolaborasi Tanggulangi Masalah Sampah

Seperti sosok Meybi Agnesya Founder Timor Moringa yang bergerak meningkatkan kesejahteraan petani di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui inovasi produk daun kelor. Ada juga Afidha Fajar Adhitya (Founder Ebony Watch) yang berhasil membangun brand jam tangan dari Klaten hingga menembus pasar dunia melalui pemasaran digital.

Adhika Mahardhika (Founder Agradaya), sukses memberdayakan lebih dari 300 petani dengan inovasi produk rempah kekinian. Ada banyak anak muda lainnya yang telah melakukan aksi nyata melalui wirausaha sosial di daerah masing-masing dengan segala keterbatasan dan kreativitasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.