Dark/Light Mode

Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat Long Weekend

KAI Tambah 13 % Kereta Jarak Jauh

Selasa, 27 Oktober 2020 05:55 WIB
KAI mesambah jadwal perjalanan saat libur panjang.
KAI mesambah jadwal perjalanan saat libur panjang.

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah penumpang pada masa libur long weekend, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero menambah jadwal perjalanan kereta api (KA) jarak jauh.

Vice President (VP) Public Relations KAI Joni Martinus menyebutkan,jumlah perjalanan KA jarak jauh ditambah sebanyak 13 persen pada  periode 27 Oktober sampai 1 November 2020. 

“Jumlah yang dioperasikan sebanyak 505 KA.Jumlah itu naik bila dibanding pada 20 sampai 25 Oktober sebanyak 448 KA,” ujar Joni di Jakarta, kemarin. 

Dengan menambah perjalanan KA tersebut, lanjut Joni, pihaknya siap melayani pelanggan agar dapat menikmati perjalanan kereta api dengan  aman, nyaman, selamat, dan sehat. 

Joni menerangkan, dengan adanya peningkatan jumlah perjalanan KA, maka secara otomatis jumlah kapasitas tempat duduk penumpang meningkat. 

Baca juga : Antisipasi Lonjakan Penumpang, PT Angkasa Pura II Komitmen Jaga Kapasitas 50 Persen

Jumlah tempat duduk KA jarak jauh pada 27 Oktober sampai 1 November 2020 terhitung sebanyak 221.193 tempat duduk.

Jumlah itu naik 13 persen dibandingkan 20 sampai 25 Oktober, yang hanya sebanyak 195.211 tempat duduk. MenurutJoni,sejumlah KAfavorit untuk long weekend sudah bisa dipesan dari sekarang. 

Di antaranya KAArgo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi – Gambir  PP (Pergi-Pulang), KA Argo Parahyangan relasi Bandung - Gambir PP, KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng - Jakarta Kota PP. 

Serta, KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi - Pasar Senen PP. 

“Tiket dipesan mulai H-14 di aplikasi KAIAccess,situs www. kai.id.  Dan, seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya,” ungkapnya. 

Baca juga : Karyawan Pergi Ke Zona Merah Saat Libur Panjang Wajib Lapor

Dia menjelaskan, untuk penumpang yang melakukan transaksi pada aplikasi  KAI Access versiterbaru, berkesempatan mendapatkan Railpoint  dari setiap pembelian tiket KA jarak jauh komersial. 

Selain itu, dapat langsung memesan Taksi Bluebird untuk melanjutkan perjalanan, dari stasiun kedatangan ke tujuan akhir secara praktis. 

“Guna menjaga jarak selama perjalanan, KAI tetap menjual tiket sebanyak 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia,” akunya. 

Ia menegaskan, meski ada penambahan perjalanan KA jarak jauh, pihaknya tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan. Setiap pelanggan harus dalam kondisi sehat dan menunjukkan SuratBebasCovid-19 (Tes PCR/ rapid test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan). Saat ini KAI menyediakan layanan rapid test  di 30 stasiun. 

Menurutnya, sejak layanan itu dibuka, jumlah pelanggan yang menggunakan layanan tersebut sudah mencapai 190 ribu pelanggan. 

Baca juga : MAKI: Siasat Djoko Tjandra Terhindar Dari Delik Suap

“Perjalanan KA libur long weekend ini diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak,” pungkas Joni. 

Seperti diketahui, pemerintah menetapkan cuti bersama pada tanggal 28 Oktober hingga 30 Oktober. 

Ditambah libur akhir pekan pada 31 Oktober dan 1 November maka total libur menjadi 5 hari. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.