Dark/Light Mode

Cihuy! Trafik Penumpang Angkasa Pura I Tumbuh 44,1 Persen

Rabu, 2 September 2020 19:50 WIB
Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi. (Istimewa)
Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat pertumbuhan trafik penumpang pada Agustus 2020 sebesar 44,1 persen dibanding Juli 2020.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi menerangkan, pada Agustus lalu trafik penumpang di 15 bandara Angkasa Pura I mencapai 1.965.935 orang, jauh lebih tinggi dibanding Juli yang hanya mencapai 1.363.912 orang dan Juni yang hanya mencapai 648.567 orang.

Pertumbuhan juga terjadi pada trafik pesawat di mana Agustus ini mencapai 26.362 pergerakan, tumbuh 20 persen dibanding trafik pesawat pada Juli yang hanya sebanyak 21.954 pergerakan.

Baca juga : Naik Terus, Penumpang Bandara Angkasa Pura II di Agustus Tembus 2 Juta

Tidak begitu dengan trafik kargo yang justru mengalami penurunan 2,6 persen dari 36.407.584 kg pada Juli menjadi 35.437.261 kg pada Agustus.

Menurutnya, trafik penumpang yang terus tumbuh secara konsisten sejak diterapkannya masa adaptasi kebiasaan baru tiga bulan lalu menambah optimisme mengenai kebangkitan sektor aviasi.

Hal ini kata dia, seiring dengan upaya para pelaku industri aviasi yang terus mengampanyekan keamanan dan konsistensi penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 baik di pesawat maupun di bandara.

Baca juga : Dampak Pandemi, Pendapatan Astra Otoparts Turun 25 Persen

"Melalui kampanye hastag SafeTravelCampaign dan hastag TerbangLagi, para pelaku industri aviasi terus mendorong masyarakat agar tidak ragu dan percaya diri untuk dapat melakukan perjalanan udara dengan rasa aman dan nyaman di masa adaptasi kebiasaan baru," ujar Faik Fahmi.

Untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan udara, Angkasa Pura I juga telah menyediakan fasilitas _rapid test_ di 11 bandaranya.

Fasilitas ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan udara pada masa adaptasi kebiasaan baru.

Baca juga : Ini 3 Strategi Angkasa Pura II yang Sukses Gairahkan Penerbangan

Penyediaan fasilitas rapid test ini juga dilakukan dengan konsistensi penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di bandara sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk melakukan perjalanan udara melalui bandara-bandara Angkasa Pura I. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.