Dark/Light Mode

Menempa Insan KAI Unggul di Tengah Tantangan Global

Rabu, 28 Oktober 2020 10:52 WIB
Menempa Insan KAI Unggul di Tengah Tantangan Global

 Sebelumnya 
KAI mewujudkan pelayanan prima dengan berupaya memberikan pelayanan yang tidak sekadar menggugurkan kewajiban tapi sebisa mungkin melampaui ekspektasi customer.

Untuk mewujudkannya tentu tidak mudah. Diperlukan komitmen dan upaya yang intens serta berkesinambungan terlebih di masa pandemik dengan berbagai keterbatasan.

Salah satu upaya KAI yakni secara intens memberikan seminar secara daring atau webinar ke seluruh pegawainya. Pun berbagai pendidikan dan pelatihan tetap dilakukan secara daring jika tidak memungkinkan dilakukan secara tatap muka. Pendidikan dan pelatihan (diklat) yang memungkinkan dilakukan secara tatap muka tentu dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga : Banteng Jangan Asbun

Selain itu, pembinaan dan sosialisasi budaya perusahaan yang baru pun dilakukan secara daring.

Selama Januari hingga September 2020, KAI telah menyelenggarakan sebanyak 41 diklat dalam berbagai bidang. Sejak Juni-Oktober 2020, KAI sudah menyelenggarakan sebanyak 15 webinar kepada pegawai-pegawainya dengan berbagai bidang dan tema seperti keuangan, marketing, kesehatan, IT, kepemimpinan, memanfaatkan peluang di tengah pandemik, dan lain sebagainya.

KAI memanfaatkan teknologi informasi sebaik mungkin dalam menempa SDM-nya agar mampu dan antusias terhadap perubahan.

Baca juga : PDIP Dan Timses Solid, Eri-Armuji Ungguli Penantangnya

Apalagi mengingat 67% atau sebanyak 18.571 orang dari SDM KAI yang per 30 September 2020 berjumlah total 27.812 orang merupakan generasi millennial yang dikenal antusias menghadapi perkembangan dan perubahan zaman.

Di samping memberikan pembekalan ilmu, keterampilan, dan peningkatan kompetensi, tentu kualitas kerja SDM pun harus selalu di-maintain dan dipantau dengan baik dengan memberikan ruang dan kesempatan bagi SDM KAI untuk berinovasi dan berkarya.

KAI melalui Unit Quality Assurance dan Good Corporate Governance (GCG) membuat berbagai program untuk mewujudkannya. Salah satu program unggulannya yakni Innovation and Improvement Award (IIA).

Baca juga : Kemampuan Literasi Penting Untuk Bekal Hadapi Persaingan Global

Budaya Inovasi merupakan salah satu dari nilai utama Perusahaan yang ke empat yaitu Adaptif, dengan harapan setiap Insan KAI harus Inovatif untuk menciptakan keunggulan Perusahaan.

Tanpa adanya budaya inovasi maka perilaku individu atau SDM tidak akan mendorong kemajuan perusahan. Selain memberi ruang, KAI juga perlu menciptakan suatu kepemimpinan yang kuat untuk mendukung internalisasi budaya Inovasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.