Dark/Light Mode

Jepang Beri Pinjaman RI Rp 6,95 Triliun Untuk Penanganan Corona

Rabu, 21 Oktober 2020 01:05 WIB
PM Jepang, Yoshihide Suga melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor, Selasa (20/10)
PM Jepang, Yoshihide Suga melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor, Selasa (20/10)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah ketidakpastian ekonomi global, Indonesia mendapat bantuan pinjaman dari Jepang sebesar 50 miliar yen atau setara Rp 6,95 triliun. Bantun pinjaman ini untuk meningkatkan penanganan bencana . 

Pemberian pinjaman itu disampaikan PM Jepang, Yoshihide Suga dalam pernyataan pers bersama Presiden Jokowi usai melakukan pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/10).

Baca juga : Mudik Dan Liburan Rawan Kerek Penularan Corona

"Bantuan pinjaman ini untuk meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana Indonesia," ujar Suga dikutip Antaranews.

Suga mengatakan, Jepang akan mendorong kerja sama terhadap pengembangan kajian kesehatan di Indonesia melalui pemberian barang dan peralatan medis.

Baca juga : Penjara Untuk Kriminal, Bukan Untuk Yang Beda Pandangan

Kedua pemimpin negara ini juga memastikan untuk memulai kembali perjalanan antara kedua negara bagi pebisnis, termasuk perawat dan caregiver di bawah kerangka Jepang-Indonesia EPA.

Suga juga sepakat berkoordinasi secara erat untuk memulai kembali secepat-cepatnya perjalanan bisnis jangka pendek dengan melonggarkan langkah isolasi mandiri selama 14 hari setelah memasuki negara tujuan.

Baca juga : PSBB Transisi DKI Kerek Penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta

"Jepang akan memajukan kerja sama di bidang infrastruktur seperti pembangunan MRT, kereta semi-cepat jalur Jakarta-Surabaya, pembangunan dan pengelolaan Pelabuhan Patimban, pembangunan pulau terluar serta kerja sama untuk meningkatkan ketahanan ekonomi," ujarnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.