Dark/Light Mode

Jangan Ragu Untuk Terbang

Angkasa Pura I Pastikan Seluruh Bandara Yang Dikelola Terapkan Prokes Secara Ketat

Rabu, 28 Oktober 2020 18:17 WIB
Ilustrasi. Penyemprotan cairan disinfektan di Bandara. Langkah ini sebagai upaya PT Angkasa Pura I (Persero) dalam pencegahan penyebaran Covid-19. (Foto : Istimewa)
Ilustrasi. Penyemprotan cairan disinfektan di Bandara. Langkah ini sebagai upaya PT Angkasa Pura I (Persero) dalam pencegahan penyebaran Covid-19. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat yang ingin berpergian menggunakan transportasi udara tidak perlu khawatir untuk mendatangi bandara selama mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Pihak PT Angkasa Pura I (Persero) menjamin seluruh bandara yang dikelolanya terapkan protokol kesehatan secara ketat.

Vice President Corporate Secretary Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan, mengungkapkan pihaknya sudah memprediksi aktivitas penerbangan akan terjadi kenaikan dibandingkan hari biasanya di masa pandemi Covid-19.

Sebab itu sejumlah langkah antisipasi sudah disiapkan termasuk berkomitmen untuk menjamin penerapan secara ketat protokol kesehatan Covid-19 di 15 bandaranya.

Baca juga : Banyak Dokter Yang Gugur Dalam Perang Melawan Covid, Bagi Saya Mereka Adalah Pahlawan

"Semua bandara yang kami kelola menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hingga kini semuanya berjalan dengan baik dan memberikan rasa aman juga nyaman bagi penumpang yang bepergian," ungkap Handy kepada Rakyat Merdeka, Rabu (28/10).

Komitmen penerapan protokol kesehatan ini tidak hanya cek suhu dan wajib rapid tapi juga pembersihan area. Tim kebersihan Angkasa Pura I melakukan pembersihan di area-area yang sering disentuh oleh penumpang.

Pembersihan dilakukan dengan menggunakan desinfektan secara berkala, pengaturan jarak antrian dan kursi penumpang di area boarding lounge. Pembersihan juga dilakukan dengan pemeriksaan dokumen-dokumen perjalanan bagi calon penumpang.

Selain itu untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan udara, perusahaan juga telah menyediakan fasilitas rapid test di 11 bandaranya dengan biaya di 8 bandara besar yang hanya sebesar Rp 85.000 per 14 September lalu.

Baca juga : Duet Bareng KPK, Pertamina Pastikan Seluruh Program dan Proyek Strategis Lancar

Fasilitas ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan udara pada masa adaptasi kebiasaan baru.

"Kami berharap upaya yang kami lalukan ini dapat membuat calon penumpang menjadi lebih percaya diri serta tidak khawatir untuk bepergian dengan menggunakan pesawat udara," harapnya.

Angkasa Pura I memperkirakan akan terjadi peningkatan penumpang pada periode libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28 Oktober sampai 1 November 2020.

Adapun pertumbuhan peningkatan penumpang diperkirakan setidaknya sebesar 10 persen dibanding periode libur panjang cuti bersama Tahun Baru Islam pada 20 sampai 23 Agustus 2020 lalu.

Baca juga : Angkasa Pura l Izin Buka Jalur Khusus Turis Korea

"Saat ini diprediksi ada laju penumpang menjadi 300 ribuan orang di periode libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW. Peningkatan 10 persen dibandingkan pada periode libur panjang Tahun baru Islam 20-23 Agustus lalu sebesar 273.194 penumpang," jelasnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.