Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Urai Kepadatan Lalu Lintas, Jasa Marga Terapkan Contraflow Di Tol Cikampek

Kamis, 29 Oktober 2020 16:49 WIB
Ilustrasi petugas mengalihkan kendaraan yang melaju menuju Cikampek di ruas tol Jakarta-Cikampek saat diterapkan sistem satu arah. (Foto: Antara)
Ilustrasi petugas mengalihkan kendaraan yang melaju menuju Cikampek di ruas tol Jakarta-Cikampek saat diterapkan sistem satu arah. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jasa Marga Tbk. memberlakukan contraflow untuk mengurai kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek. Contraflow dimulai dari km 47 sampai km 65 sejak pukul 11.30 WIB. 

Sampai dengan saat ini, penerapan contra flow masih dilakukan karena kemacetan terjadi di ruas jalan tersebut karena adanya libur panjang.

Baca juga : Urai Kemacetan, Jasa Marga Berlakukan Contra Flow Di KM 47 Tol Cikampek

General Manager Representative Office, Jasa Marga Transjawa Tollroad Regional Division, Widiyatmiko Nursejati mengimbau seluruh pengguna jalan untuk memastikan kalau kendaraan dalam kondisi prima, saldo uang elektronik cukup, dan mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan dan membawa bekal guna menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

"Dengan diberlakukannya perpanjangan contraflow, diharapkan dapat mencairkan kepadatan yang terjadi di pada titik pertemuan dua arus lalu lintas menuju Cikampek, antara kendaraan yang akan melalui jalan tol Jakarta Cikampek Elevated dan Jalan Tol Jakarta Cikampek," katanya dalam keterangan resminya, Kamis (29/10).

Baca juga : Prediksi Jasa Marga, Puncak Lalu Lintas Libur Panjang Terjadi Rabu, 28 Oktober

Pengalihan arus ini sudah terjadi dua kali atau diperpanjang. Pada pukul 09.25 WIB lalu, Jasa Marga hanya memberlakukan contraflow dari km 47 ke km 61 saja kemudian diperpanjang.

Pemberlakuan contraflow merupakan diskresi Kepolisian. Untuk mendukung kelancaran contraflow, Jasa Marga menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu area. Adapun, total volume lalu lintas yang meninggalkan Jakarta ini naik 40,5 persen jika dibandingkan lalin new normal.

Baca juga : Kasus Korupsi Pengadaan Barang Dan Jasa, KPK Garap Sekda Lamsel Thamrin

Secara keseluruhan, Jasa Marga mencatat 336.929 kendaraan meninggalkan Jakarta pada periode cuti bersama Maulid Nabi ini. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.