Dark/Light Mode

Urai Kemacetan, Jasa Marga Berlakukan Contra Flow Di KM 47 Tol Cikampek

Rabu, 28 Oktober 2020 11:56 WIB
Ilustrasi contra flow. (Foto: ist)
Ilustrasi contra flow. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mulai memberlakukan contra flow (lawan arah) di ruas Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek untuk mengurai kepadatan volume kendaraan yang melintas.

"Pemberlakuan skema contra flow ini berdasarkan diskresi kepolisian guna menghindari kemacetan di ruas tol Jakarta-Cikampek," kata General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Widiyatmiko Nursejati dalam keterangan tertulis, Rabu (28/10).

Menurut dia, rekayasa lawan arah mulai diberlakukan dari KM 47 sampai dengan KM 61 arah Cikampek sejak tadi pagi pukul 08.45 WIB. Jasa Marga juga telah melakukan penutupan sementara tempat istirahat KM 50 arah Cikampek.

Baca juga : Libur Panjang, Kemenhub Batasi Operasional Angkutan Barang Di Tol Cikampek

Dia berharap, pemberlakuan skema lawan arah ini dapat mencairkan kepadatan volume kendaraan di KM 48 yang merupakan titik pertemuan dua arus lalu lintas menuju Cikampek yakni kendaraan yang melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek serta Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek.

Jasa Marga memantau antrean kendaraan jelang Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama arah Cikampek cenderung ramai lancar dengan antrean tiga sampai empat kendaraan dengan kapasitas gardu tol beroperasi maksimal.

Dia mengimbau, seluruh pengguna jalan agar memastikan kendaraan dalam keadaan prima, memastikan saldo uang elektronik cukup, dan mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan. "Kalau perlu membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di tempat istirahat," kata Widi.

Baca juga : Hari Ini, Jasa Marga Alihkan Transaksi Gerbang Tol Cibitung

Pengguna jalan juga diingatkan agar selalu berhati-hati dalam berkendara serta mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan. [DIT]

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.