Dark/Light Mode

Masyarakat Sudah Berani Naik Pesawat

Horee...Pegipegi Cs Mulai Raup Untung

Minggu, 1 November 2020 04:33 WIB
Masyarakat Sudah Berani Naik Pesawat Horee...Pegipegi Cs Mulai Raup Untung

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah sekian lama menahan diri berpergian dan wisata, kini masyarakat mulai memberanikan diri keluar rumah. Bisnis penjualan tiket kembali menggeliat. Momen libur panjang (long weekend) menjadi salah satu pemicunya.

Corporate Communications Manager Pegipegi Busyra Oryza mengakui long weekend berdampak positif bagi aplikasi. 

Meski tidak besar, dia bilang ada peningkatan pemesanan tiket untuk pesawat hingga hotel dibandingkan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

“Dari data kami, pemesanan tiket jelang long weekend pekan ini trennya terus bertambah,” ujar Busyra kepada Rakyat Merdeka, kemarin. 

Menurut dia, pemesanan tiket pesawat lebih diminati ketimbang tiket transportasi darat, seperti kereta api (KA) maupun bus. Ditanya soal angka, Busyra enggan menyebut secara rinci. Dia hanya memastikan, peningkatannya cukup signifikan. 

“Pesanan tiket pesawat hingga dua kali lipat dibandingkan dengan periode hari biasanya,” ucapnya. 

Rute yang paling banyak diburu dari daerah luar Jawa adalah Jakarta. Sedangkan dari Jakarta, rute paling dicari adalah Medan. 

Baca juga : Panen Raya Bawang Merah Semi Organik Di Bantul, Petani Raup Untung

Destinasi favorit lainnya adalah Pontianak dan Padang. “Ada lima rute yang paling banyak diminati untuk tiket pesawat, yakni Jakarta, Medan, Makassar, Surabaya dan Bali,” tuturnya. 

Dia meramal, pemesanan tiket kemungkinan besar untuk berlibur dan bersilaturahmi dengan keluarga. 

Sementara untuk hotel, Busyra tidak menyebut secara khusus berapa kenaikannya. Karena menurutnya, pemesanan hotel sudah tumbuh secara bertahap sejak musim libur Lebaran. Hotel sudah mulai ada pesanan dari Juni. 

Pihaknya memprediksi, pemesanan untuk hotel akan terus tumbuh. Kemungkinan puncaknya itu di akhir tahun. Kenaikan juga dirasakan biro perjalanan daring lainnya, seperti aplikasi tiket.com. 

Public Relations Manager, tiket. com Sandra Darmosumarto mengaku pertumbuhannya lumayan tinggi karena dipacu oleh pemesanan tiket pesawat. 

“Di kami, peningkatan sekitar 20 persen pada musim liburan ini dibandingkan dua minggu sebelumnya. Ini akan terus tumbuh,” ujar Sandra kepada Rakyat Merdeka. 

Dia menjelaskan, lonjakan pemesanaan tiket pesawat sudah terjadi sejak pertengahan Oktober hingga minggu lalu. Lonjakan pembelian tiket dapat diestimasi semakin tinggi lagi hingga akhir tahun. 

Baca juga : Masa Karantina Berakhir, CR7 Mulai Latihan

“Karena banyak destinasi yang sudah dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan, serta adanya tambahan kampanye dan promosi dari tiket.com,” ujarnya. 

Terkait destinasi favorit, Sandra bilang, pengguna tiket.com dari Jakarta, memilih terbang ke Surabaya, Makassar, Medan, Denpasar dan Yogyakarta. 

Untuk saat ini, pihaknya berusaha mengikuti minat masyarakat dengan menghadirkan kampanye Liburan Dekat Rumah (LDR). 

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga, dengan menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan dan melakukan physical distancing. 

Selain tanggal merah yang mendorong minat masyarakat untuk berpergian, ada juga tarif murah dan promo dari aplikasi. 

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) baru saja memberikan program subsidi untuk tiket pesawat. 

“Tarif pesawat lebih murah dan ada Program PAY DAY, yang merupakan program kami dalam menyambut liburan panjang bulan ini,” katanya. Tak jauh berbeda, Traveloka juga mengalami pertumbuhan pemesanan di aplikasi. 

Baca juga : Mahfud MD Pastikan RI Masih Zero Virus Corona

President Traveloka Group Operations Henry Hendrawan mengatakan, selama masa pandemi, pihaknya optimis transaksi pemesanan hotel bisa pulih lebih cepat dari yang diperkirakan. 

“Kami melihat permintaan hotel di kota metropolitan bisa tumbuh lebih cepat, karena orangorang tetap ingin pergi saat datang musim liburan,” kata Henry. 

Vice President Marketing Traveloka Accommodation, Shirley Lesmana juga mengakui adanya tren permintaan staycation di dalam kota yang terus naik. 

Dia optimis musim liburan Oktober ini ada peningkatan. Pasalnya, sejak Juni sudah terjadi kenaikan pemesanan tiket di beberapa wilayah kota besar, dibandingkan bulan sebelumnya. “Peningkatannya sangat signifikan dibanding masa PSBB,” ujarnya. [JAR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.