Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Banyak Masyarakat Belum Paham Penyakit Menular Melalui Gigi dan Mulut

Rabu, 18 Desember 2019 19:21 WIB
Para dokter gigi dan terapis FKG Usakti di sela penyuluhan dan pelayanan gratis kepada masyarakat umum dan  karyawan, di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Usakti, Jakarta Barat, Rabu pagi (18/12.). (Foto: Dok. FKG Usakti)
Para dokter gigi dan terapis FKG Usakti di sela penyuluhan dan pelayanan gratis kepada masyarakat umum dan karyawan, di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Usakti, Jakarta Barat, Rabu pagi (18/12.). (Foto: Dok. FKG Usakti)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada umumnya masyarakat Indonesia tidak menyadari atau masih awam terkait penyakit menular melalui gigi dan mulut. Demikian disampaikan Ketua Ikatan Spesialis Mulut Indonesia (ISPMI), Prof. drg. Rahmi Amtha, saat melakukan penyuluhan dan pelayanan gratis kepada masyarakat umum dan  karyawan, di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Trisakti (Usakti), Rabu pagi (18/12.)

"Acara baksos ini, terutama pendidikan kesehatan pada terapis RSGM ini, sangat penting. Terutama dalam mencegah penularan penyakit menular di tempat praktik gigi,” jelas Ketua Panitia Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat FKG Usakti ini,

Baca juga : Warna Ternyata Bisa Pengaruhi Emosi dan Hati

Penyuluhan dan pemeriksaan gigi ini dimulai 08.00 pagi hingga 03.00 sore ini. Penyuluhan dan pemeriksaan melayani sebanyak 159 pasien, kebanyakan dari kalangan mahasiswa di lingkup Universitas Trisakti dari berbagai macam jurusan dan masyarakat sekitar RSGM dengan berbagai kasus. Pelayanan gigi yang paling banyak diminati adalah membersihkan karang gigi dan pencabutan. 

Acara baksos ini, lanjut Rahmi, sebagai salah satu bentuk Tridarma perguruan tinggi civitas Akademika FKG Usakti untuk dapat meningkatkan kesehatan gigi warga kampus dan masyarakat di sekitar wilayah Jakarta Barat. Penyuluhan juga dimaksudkan untuk peningkatan pengetahuan terapis RSGM yang kesehariannya amat dekat dengan risiko penyebaran penyakit menular di tempat praktik gigi.

Baca juga : Kuningan City Gelar Festival Gowes

Dilla (19 thn), mahasiswa Trisakti Fakultas Ekonomi, datang bersama teman-temannya untuk memeriksakan giginya. "Kedatangan kami ke RSGM Usakti bersama teman-teman dari Fakultas Ekonomi Trisakti. Setelah melihat informasi di media sosial, saya dan teman-teman kebanyakan untuk mendapatkan perawatan yaitu pembersihan karang gigi" tuturnya.

Kegiatan ini didukung seluruh civitas akademika FKG Usakti yaitu dokter gigi umum, dokter gigi spesialis, dan mahasiswa klinik. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.