Dark/Light Mode

Sediakan Pembiayaan Ekspor Bagi UKM

BNI Teken Mou Dengan Kemendag Dan LPEI

Kamis, 5 November 2020 20:30 WIB
Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto (kedua kiri) menyerahkan secara simbolis Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada pelaku UMKM binaan Kementerian Perdagangan di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (5/11). (Foto: Dok. BNI)
Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto (kedua kiri) menyerahkan secara simbolis Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada pelaku UMKM binaan Kementerian Perdagangan di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (5/11). (Foto: Dok. BNI)

 Sebelumnya 
Selain itu, ia juga menyampaikan agar pelaku usaha dapat mempertahankan hubungan dagang dengan mitranya saat ini dan menjaga kemampuan untuk mencari potensi pasar baru.

Di kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif LPEI D James Rompas menilai, banyak pelaku usaha yang membutuhkan dukungan finansial maupun nonfinansial di masa pemulihan akibat pandemi.

Baca juga : Usai Serahkan Pernyataan Sikap Ke MK, Buruh Bubarkan Diri Dengan Tertib

Melalui skema penugasan khusus ekspor dari pemerintah, LPEI menyediakan dukungan finansial melalui produk pembiayaan bagi pelaku usaha UKM berorientasi ekspor.

Selain itu, LPEI juga memiliki fasilitas penjaminan yang menempatkan LPEI sebagai lembaga pemberi kredit (credit enhancer), yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha untuk memperoleh akses pembiayaan dari bank. “Akses pembiayaan ini dibutuhkan oleh para pelaku usaha untuk memulihkan bisnisnya, dan bangkit dari keterpurukan akibat perlemahan aktivitas ekonomi yang disebabkan oleh pandemi,” tuturnya.

Baca juga : MNC Group Sediakan Platform Bantu UMKM Beriklan

Selanjutnya, Mendag Agus menyaksikan penyerahan secara simbolis pembiayaan ekspor dari perbankan kepada sebelas UKM berorientasi ekspor senilai Rp 16,10 miliar. Pembiayaan ekspor tersebut diberikan oleh LPEI, BNI dan BRI.

Agus menegaskan, pembiayaan ekspor ini diharapkan dapat membantu UKM Naik Kelas untuk tetap menggerakkan roda usahanya. Sehingga, mampu berkontribusi dalam peningkatan ekspor nonmigas dan ikut memperbaiki neraca perdagangan dan ekonomi nasional.

Baca juga : Bank Indonesia Dukung Pengembangan Ekonomi Dan Keuangan Syariah

"Di masa pandemi Covid-19 ini Kemendag terus berkomitmen menjaga keberlangsungan ekspor, termasuk produk-produk UKM," imbuhnya.

Untuk itu, Kemendag menjalin sinergi dengan berbagai pihak melalui pemberian stimulus fiskal maupun nonfiskal bagi pelaku usaha, termasuk bagi UKM. Sehingga, diharapkan dalam waktu relatif singkat mampu memperbaiki kinerja perdagangan internasional Indonesia. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.